Capaian Kinerja Pemkab Tambrauw Dalam Usia Yang Ke-5 Tahun

Bupati Tambrauw.Gabriel Asem,SE.M.Si

Lensapapua- Kemajuan suatu bangsa atau daerah bukan di ukur dari aspek pemerintahan saja,namun dapat juga diukur dari tingkat  keterlibatan masyarakat dari setiap tahapan pembangunan.Ini menandakan pembangunan merupakan akumulasi dari kerja keras dan kerjasama antara pemerintah  dan masyarakat.

Keberhasilan pembangunan yang telah kita capai di kabupaten Tambrauw dalam kurun waktu lima tahun yaitu,semenjak kabupaten ini dimekarkan pada tangal 28 Oktober tahun 2008 lalu,merupakan sebuah hasil karya bersama antara pemerintah dan semua lapisan masyarakat kabupaten Tambrauw.

Demikian ditegaskan Bupati Tambrauw,Gabriel Asem,SE.M.Si saat memberikan sambutan dalam rangka Hari Ulang Tahun(HUT)Kabupaten Tambrauw ke-5 dan sekaligus memperingati hari Sumpah Pemuda tangal 28 Oktober 2013 di lapangan bola Sausapor,Selasa/10.

Lebih lanjut dijelaskan Gabriel Asem,dalam pelaksanaan roda pemerintahan dan pembangunan selama 5 tahun,kita telah melaksanakan dalam 5 tahap yaitu,pada tahun 2008 sampai 2011 telah dilaksanakan oleh penjabat bupati,sedangkan tahun 2012 sampai 2016 sesuai dengan RPJMD,merupakan tanggungjawab Bupati dan wakil Bupati definitif.

Pada tahun anggaran 2013,kita baru memasuki tahun ke-2 RPJMD tahun 2012 dan 2016 dengan pencapaian kerja sebagai berikut.Pada  masa penjabat Bupati,kemajuan yang telah di capai sebagai berikut,terbentuknya perangkat organisasi daerah dengan terbentuknya beberapa SKPD,sukses pemilihan umum dengan terbentuknya DPRD yang definitif.

Selanjut nya adalah,sukses menyelenggarakan pemilihan kepala daerah Kabupaten Tambrauw,sehingga terpilihnya Bupati dan wakil Bupati yang definitif,suksesnya perekrutan PNS serta menyelenggarakan administrasi umum lainya.

Pada masa pemerintahan defitif yang berjalan kurang lebih 24 bulan sejak saya dan wakil Bupati dilantik pada tangal 29 Oktober 2011 lalu,mulai menata pemerintahan sudah sesuai dengan azaz atau prinsip-prinsip good government yang di tandai dengan peningkatan dan azas pelayanan pemerintahan yang meliputi.

Yang pertama,pemekaran unit kerja sesuai dengan kebutuhan daerah di lingkungan Kabupaten Tambrauw hingga saat ini mencapai 27 SKPD.Yang berikut adalah,pelantikan sekda dan eselon II dan III serta dilanjutkan dengan pelantikan pejabat eselon IV,kepala-kepala distrik serta 5 kepala distrik yang baru dan sah di wilayah Tambrauw sesuai dengan amanat undang-undang nomor 14 tahun 2013.

 Perekaman e-KTP yang hingga saat ini sudah mencapai 6000 jiwa dari syarat minimal yang di tetapkan oleh Kementerian Dalam Negeri yaitu 5000 penduduk yang berusia 17 tahun ke-atas yang merupakan kewajiban pemerintah daerah Kabupaten Tambrauw.

Selain itu kita juga membangun sarana distrik dan kampung,walaupun kita terkendala mengenai permasalahan ke-terisolasian daerah serta lahan yang mana perlu dibicarakian tuntas dengan masyarakat pemilik hak ulayat dan tanah garapan.Imbuhnya.

Perlu diketahui bahwa,pemerintah Kabupaten Tambruaw lebih mengedepankan musyawarah dan mufakat dalam hal pembayaran hak ulayat serta tanah garapan,sehingga pada tahun 2013 ini telah di realisasikan pembayaran tanaman tumbuh di Werur,Webru dan Fef,dimana lahan-lahan tersebut akan dibangun sarana pemerintahan daerah,serta fasilitas umum lainya.Tegasnya.

Pada tahun 2014,kita akan menyiapkan secara bertahap sarana pemerintahan di Fef sebagai pemerintahan kabupaten Tambrauw.Segala bidang pembangunan yang terus kita pacu,bidang inftakstruktur dasar,yaitu pembangunan infrakstruktur jalan yang hampir mencapai 60 persen menjangkau Kabupaten Tambrauw,jembatan baja sebanyak 6 buah yang beberapa diantaranya akan kita resmikan tahun 2013 ini.

Dijelaskan,kita juga berencana membangun Bandar udara Werur dan pelabuhan samudera Sausapor,penyediaan air bersih yang saat ini sudah dinikmati bersama di Sausapor,penyediaan sarana transportasi yang di subsidi,telekomunikasi,listrik dan PLTA.

Dibidang ekonomi kerakyatan meliputi,pemeberian bantuan kepada nelayan,ternak unggas,perbengkelan,tukang,jahit menjahit,persediaan pasar tradisional,master plant pembanggunan kehutanan,pertanian serta rencanan pengembangan agrometropolitan di kawasan Senopi sebagai dapur Papua Barat dan Indonesia timur,  tahun 2013 ini akan di datangkan 1600 ekor sapi oleh Presiden,dimana bantuan tersebut DIPA melalui dinas Peternakan Papua Barat dan akan bekerjasama dengan pemda Tambrauw sebagai pemilik hak ulayat.

Bidang pemerintahan umum,telah dibangunya kantor KPU dan Bappeda di Fef,kantor dinas perhubungan,infokom,dinas pendapatan daerah dan kantor distrik Sausapor dan barat serta barak pegawai di Wembru,juga dibangun kantor perkebunan dan pertanian di Sausapor.

Bidang sosial dan kemasyarakatan,peningkatan sarana prasarana pendidikan,pengadaan guru kontrak,sarana kesehatan,pengadaan tenaga dokter PTT sebanyak 5 orang  yang telah di sebarkan ke puskesmas dan pustu.Selain itu juga bantuan untuk ke-agamaan,sukses mendukung kegiatan kerohanian seperti,pesta rohani,peringataan 100 dan 101 tahun pekabaran injil di tanah Karon.

Kegiatan ke-pemudaan,pemilihan pengurus KNPI serta  sosial kemasyarakatan lainya.Sementara bidang legislasi  dengan di sah kan nya beberapa perda mengenai struktur organisasi dan tata kerja perangkat daerah,RT RW dan RPMJD dan perda yang berkaitan dengan peningkatan PAD dan peningkatan pajak.

Wujud dari perhatian dan kerja keras pemda dalam pembangunan daerah serta kesejahteraan daerah maka,APBD Kabupaten Tambrauw tahun 2012 sebesar 400 milyar lebih di alokasikan 80 persen pembangunan,sedangkan hanya 20 persen untuk belanja tidak langsung.

Begitupula APBD tahun 2013 sebesar 500 milyar lebih di alokasikan 77,15 persen untuk pembangunan,sedangkan 20 persen lebih untuk tidak langsung atau belanja rutin dan pegawai.

Pencapaian kinerja pembangunan yang di hasilkan selama kurun waktu 5 tahun,merupakan akumulasi pembangunan yang telah kita laksanakan oleh SKPD,Badan,Kantor dan kampung.Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kabupaten Sorong menunjukkan perkembangan yang sangat positif.

Dapat kita lihat dari indicator makro ekonomi, gambaran perkembangan produk domestic dan jurnal bruto,sehingga jurnal bruto yang berlaku pada tahun 2010 nilainya 40,69 milyar meningkat 1,3 kali menjadi 46,75 milyar.Setelah itu meningkat lagi 1,68 kali atau mencapai 53,69 milyar pada tahun 2012.

Peningkatan tersebut di atas,sumbangan terbesar dari sektor pertanian 60,72 persen,di ikuti oleh sektor jasa-jasa sebesar 18,99 persen,bangunan 13,77 persen.Pertumbuhan ekonomi juga tercatat dalam beberapa tahun terakhir sebagai berikut,2010,5,42 persen,2011,5,40 persen dan pada  tahun 2012 mengalami peningkatan menjadi 5,88 persen.

Lebih lanjut dijelaskan,perkembangan indeks hidup manusia atau IPM Kabupaten Tambrauw mengalami perkembangan yang positif.Dimana pada tahun 2010,IPM Tambrauw berada di posisi 50,45 poin meningkat menjadi 51,18 poin,tahun 2012 masih di bawah lefel menengah ke-bawah.

Walaupun IPM belum mengalami peningkatan yang signifikan,namun kita terus berpacu untuk meningkatkanya di tahun-tahun mendatang,yaitu dengan meningkatkan indeks kesehatan yaitu,taraf hidup,indeks pendidikan,ekonomi seperti daya beli masyarakat.

Kami menyadari betul bahwa,apa yang kita lakukan saat ini belum seberapa besar  mampu menjawab harapan masyarakat yang begitu kompleks.Namun dengan komitmen yang tinggi dan membara,maka saya dan seluruh SKPD akan terus bekerja keras sesuai dengan harapan agar sejajar dengan kabupaten lain.

Namun perlu di ketahui bahwa,pembangunan yang dilakukan selama ini,hanya sebatas dari pihak pemerintah saja,belum ada dukungan dari pihak swasta dan dukungan dari masyarakat seperti dalam persyaratan dasar dalam pembangunan yang efektif.

Untuk itu dalam rangka mempercepat proses pembangunan guna membuka lapangan kerja serta meningkatkan perekonomian daerah,maka di waktu akan datang,kita akan mengajak investor agar mau menanam modal di Tambrauw,mengingat Sumber Daya Alam(SDA) Tambrauw sangat menjanjikan.Pungkasnya. ( Fed/Red )

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lensapapua.com

FREE
VIEW