banner 728x250

Bupati Sorong Rindu Akan Adanya Patriot-Patriot/ Pemimpin Adil Masa Depan Bangsa Indonesia Dari Papua

banner 120x600
banner 468x60

Dr. Drs. Stepanus Malak, M,Si. Bupati Sorong.

Lensapapua–  Ada beberapa hal yang saya kagumi dari Bupati Sorong,  bagaimana seorang Stepanus Malak bisa menata wilayah Kabupaten Sorong yang menurut visinya membangun untuk  50 tahun yang akan datang,  hal ini tentu sangat luar biasa, meskipun memang kita harus membangun jauh kedepan, jangan hanya sampai batas-batas masa jabatan kita, inilah yang sudah dilakukan oleh Bupati Sorong Dr. Stepanus Malak, yang sangat kita cintai ini, kata Gubernur Sulawesi Utara, Dr. Sinyo Harry Sarundajang, Kamis (01/7)

banner 325x300

Kemudian ada yang menjadi kerinduan dari Bupati Stepanus Malak, yaitu tentang Sumber Daya Manusia (SDM) dari daerah ini dan Papua pada umumnya, yang menginginkan adanya muncul patriot-patriot atau pemimpin-pemimpin adil masa depan bangsa Indonesia juga dari Papua, saya sangat menyetujui hal ini, karena orang-orang Papua ada dinegeri ini tidak dengan tangan kosong, dan bukan sebagai tamu dinegeri ini, tetapi orang-orang Papua juga memiliki republik tercinta ini, jelas Gubernur.

Oleh karena itu, ketika saya dipercayakan menjadi Inspektur Jenderal pada Departemen dalam negeri, pada saat itu kami sedang mengodok atau mempersiapkan Undang-Undang Otonomi khusus (Otsus) untuk Papua, dan saya termasuk diantara tim yang menyusun UU tersebut, lalu membawanya ke DPR-RI.

Adapun maksud atau filosofi dari pemberian Otsus bagi Papua adalah antara lain agar masyarakat Papua dapat mengurus pemerintahannya sendiri, dan juga agar masyarakat Papua bisa menentukan apa yang diinginkan untuk membangun Papua lebih cepat dan lebih baik lagi, mentransformasikan Papua untuk mencapai keinginan-keinginan masyarakatnya, oleh karena itu sangat wajar jika diberikan Otsus, wajar jika diberikan uang yang lebih besar ke Papua dibandingkan dengan daerah-daerah lain yang ada di Indonesia ini.

Menurut Gubernur, Otsus untuk Papua adalah Otsus yang diberikan kepada daerah Papua, karena tentu Otsus tidak cocok dengan daerah lain, karena daerah-daerah yang ada di Papua memiliki kekhususan, disamping memiliki kekayaan alam yang melimpah juga memiliki budaya serta memiliki kearifan local maupun motivasi local yang sangat luar biasa. terang Gubernur. (Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.