Bupati Sorong Komit Pembangunan Fasilitas “Kota Ramah Anak”

Lensapapua–  Bupati Sorong Johny Kamuru berkomitmen selain pembangunan sarana dan prasarana atau berbagai fasilitas kota ramah anak oleh instansi teknis terkait, dan juga pembangunan berbagai fasilitas bermainnya sang anak sangat diperlukan, ujarnya, saat kegiatan sosialisasi kota layak anak tahun 2021, yang berlangsung di Aimas, Kamis (23/9-2021).

 

Kegiatan seperti itu tentu juga menjadi target kita untuk ke depannya. Untuk itu, butuh peran serta orang tua dalam mendukung tumbuh kembang anaknya itu dimulai dari lingkungan keluarganya, imbau Bupati Sorong.

 

Sementara itu, Kepala Dinas  Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Sorong Feri Fatem mengatakan, memang ada beberapa persyaratan untuk menuju kota layak anak. Baik, terkait masalah perencanaan, penganggaran yang akan mendukung berbagai kegiatan pro terhadap anak itu sendiri.

 

Fasilitas yang dibutuhkan, yakni sekolah ramah anak maupun fasilitas penunjang lainnya, seperti itu tempat bermainnya anak, rumah sakit atau Puskesmas maupun tempat ibadah yang semuanya itu harus ramah anak, dan lain sebagainya.

 

“Memang berbagai fasilitas yang disediakan itu benar-benar pro anak.  Misalkan juga bagi sekolah yang berada di jalur jalan lintas utama, harus disiapkan zebra cross atau jembatan  penyeberangan agar tidak menimbulkan kecelakaan bagi si anak  itu sendiri,” pungkasnya.

 

Begitu pula, ketika proses pembelajaran berlangsung di kelas, sang guru harus mendidiknya dengan ramah.

 

Jadi, untuk mendukung kegiatan itu ke depan harus ada kolaborasi dari semua OPD (organisasi perangkat daerah) teknis terkait. Intinya, mulai sekarang kita harus kerja keras.

 

Dengan demikian, apa yang menjadi harapan terhadap sekolah ramah anak ini bisa segera terwujud di Kabupaten Sorong, harapnya. (linda/rim)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.