Bupati Sorong Dinobatkan Sebagai Bapak Pembangunan

banner 120x600
banner 468x60

Adrianus Maga, Ketua suku Tehit perwakilan Kabupaten Sorong.

Lensapapua – Sosok Bupati Sorong  di mata masyarakat suku Tehit yang merupakan komunitas warga asal Kabupaten Sorong Selatan, yang mendiami daerah dinilai  sederhana dan merakyat. Dengan adanya komitmen yang kuat dari seorang Bupati Stepanus Malak dalam membangun daerah ini, bisa kita nobatkan sebagai “Bapak Pembangunan.”

banner 325x300

Berbagai permasalahan yang tengah dihadapi komunitas masyarakat ini maupun masyarakat  umum lainnya, Bupati Sorong Dr. Stepanus Malak, M.Si, mencurahkan perhatiannya begitu besar terutama kepentingan yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

Demikian disampaikan Ketua Suku Tehit Perwakilan Kabupaten Sorong Adrianus Maga, kepada awak media, di Aimas, Sabtu (10/10).

Keberhasilan seorang Bupati Malak, patut diberi acungan jempol. Karena beliau  juga merupakan bupati  yang memiliki figur  atau kader terbaik putra asli Moi (Kabupaten Sorong). Berbagai kebijkan nyata setelah ia menjabat memimpin daerah ini sejak 2007 hingga tahun ke tiga diperiode kedua ini melalui visi dan misinya, kata Adrianus, salah satu yang menjadi harga mati adalah pembangunan infrastruktur jalan.

Dengan terbukanya akses infrastruktur jalan baik di pusat ibu kota kabupaten maupun ke semua distrik yang ada di wilayah ini semuanya hampir dibangun. Ini pertanda sosok seorang Bupati Malak, berkomitmen untuk mempercepat proses pembangunan untuk meningkatkan kesejahtareaan rakyat yang dipimpinnya, ungkap Adrianus.

Kita lihat saja di wilayah  ada beberapa distrik (kecamatan) yang berada di  sekitar kawasan ibu kota daerah ini mulai dari Distrik Aimas, Mariyai dan Distrik Mayamuk, yang saat ini telah dibangun jalan lingkar. Sehingga akses sarana jalan yang telah dibentangkan mulai dari Aimas ibu kota Kabupaten Sorong hingga masuk ke kawasan timur daerah ini hingga menembusi  bagian wilayah utara yang menembus wilayah Distrik Makbon, Distrik Klasof.

Begitu akses jalan dari Tugu Merah Distrik Mariyai, langsung tembus ke Distrik Klayili dan dari distrik ini langsung tembus ke wilayah utara.  Dengan adanya sarana jalan yang telah dibuka khusus bagi masyarakat yang berada di wilayah utara tanah Moi  saat ini warga sudah menikmati hasil pembangunannya, jelas Adrianus.

Begitu pula pembangunan sarana jalan mulai dari ibu kota kabupaten hingga ke wilayah-wilayah distrik pedalaman tinggal beberapa waktu saja akses jalannya sudah bisa rampung semuanya. Termasuk distrik yang paling jauh di wilayah pedalaman, yakni Distrik Maudus.

Sarana jalan yang berada di kawasan pelabuhan Arar Distrik Mayamuk langsung masuk hingga ke semua distrik yang ada di sekitarnya. Termasuk arah menuju Distrik Segun, yang saat ini sedang dilakukan pembangunan Bandara Internasional yang ada di wilayah itu.

Jalan dari Aimas di wilayah pantai tepatnya di Den Zipur tembus Arar langsung tembus muara Mariat yang rencananya akan tembus Distrik Seget, bahkan hingga ke Distrik Segun akan tembus di jalan Bandara atau yang disebut dengan jalan pariwisata.

Jadi untuk waktu lebih kurang lima hingga 10 tahun mendatang, jelasnya kawasan tersebut akan maju pesat dengan terjadinya pertumbuhan ekonomi baru,   karena akan menarik semua investor untuk hadir menanamkan modalnya di daerah ini. Dan akses jalan yang berada di sekitar kawasan pariwisata itu dibangun dengan lebih lebih kurang 100 meter.

Kita akan lihat beberapa tahun ke depan dengan adanya pembangunan akses jalan ini  terjadi kemajuan pembanguna yang begitu pesat. Karena yang menentukan cepat atau tidaknya pembangunan suatu daerah ditentukan oleh keterbukaan akses jalan itu yang paling penting dan itu sudah semuanya telah dilakukan pak Stepanus Malak, katanya.

Kemajuan Kabupaten Sorong akan di lihat dari pembangunan sarana jalan yang memadai, sehingga akan mempermudah akses mobilisasi manusia, barang dan jasa dalam membawa perubahan tingkat perekonomian masyarakat setempat, tandas Adrianus. (rim/Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.