Update Covid-19 di Biak, Positive Bertambah 5, Dinyatakan Sembuh 5

Lensapapua, Biak – Bupati Kabupaten Biak Numfor, Herry Ario Naap, mengumumkan adanya penambahan lima orang lagi yang terkonfirmasi positive covid-19 dan ada juga lima orang pasien sebelumnya yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 di Kabupaten Biak Numfor. Hal ini disampaikan Bupati yang juga adalah Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Biak Numfor di dampingin tim gugus di Posko Covid-19 Gedung Wanita Biak, Jumat (22/5/2020).

Dari 101 spesimen yang dikirim ke Litbangkes Jayapura, baru ada 68 spesimen yang telah keluar hasilnya, yakni terdapat 5 spesimen yang terkonfirmasi Positive Covid-19. Dengan demikian secara keseluruhan total pasien covid-19 di Biak adalah 28, pasien sembuh menjadi 7 orang jika ditambah dengan 2 sembuh sebelumnya, jadi saat ini jumlah pasien covid-19 Biak Numfor yang dirawat di RSUD Biak ada 21 pasien jika ditambah lagi dengan 2 pasien covid-19 rujukan kabupaten supiori maka total yang di rawat di RSUD Biak menjadi 23 pasien.

Bupati Herry Naap, menyampaikan rasa syukurnya atas kesembuhan 5 orang pasien covid-19 di Kabupaten Biak Numfor. Kelima pasien tersebut terdiri dua laki-laki dan tiga perempuan dari Klaster Gowa dan Klaster Jakarta.

“Kita harus bersyukur karena ada lima pasien covid-19 sembuh dan hari ini boleh diijinkan pulang oleh pihak RSUD Biak, akan tetapi kita juga harus tingkatkan kewaspadaan karena ada penambahan 5 kasus positive lagi dari hasil 68 spesimen yang kita terima hari ini, total ada 101 sepesimen yang kami kirim tapi baru keluar hasilnya 68, yang 33 nya belum dan kita masih menunggu lagi,” ujarnya.

Bupati Herry, kembali menegaskan kepada masyarakat Biak Numfor untuk selalu mendukung jika ada pasien covid-19 yang sembuh, tidak mengucilkan mereka karena ini bukan aib tatapi ini wabah yang melanda seluruh dunia termasuk di Biak Numfor.

“Berikan dukungan kepada pasien sembuh agar mereka bisa kembali beraktifitas ditengah-tengah masyarakat, karena dukungan dan suport dari kita semua sangat berarti bagi mereka sehingga mereka bisa beraktifitas kembali seperti biasa,” ujarnya.

Selain itu, Bupati menghimbau bagi masyarakat untuk selalu waspada dengan mematuhi semua himbauan pemerintah sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19 di Biak Numfor. Berikut Bupati juga menyampaikan apresiasi dan Terimakasih bagi masyarakat, tim medis, TNI-Polri, tim gugus tugas dan semua yang telah mendukung pemerintah dalam percepatan penanganan covid-19 di Kabupaten Biak Numfor.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19, Daud Duwiri menjelaskan lima pasien tambahan yang terkonfirmasi positif covid-19 ini  berasal dari Klaster Jakarta dan klaster transmisi lokal, “Dari pemeriksaan RDT dengan tracking sejumlah wilayah yang menjadi sasaran penyebaran Covid-19 di Biak seperti pusat perekonomian, sampai saat ada 1200 Rapid test yang dilakukan dan 85 diantaranya reaktif,” ujarnya.

“Saya juga menghimbau bagi masyarakat biak agar tingkatkan kewaspadaan karena saat ini transmisi lokal di Biak sudah terjadi, jadi untuk lebih ketat dalam penerapan pencegahan covid-19 jika berada diluar rumah, karena kita tidak tau dimana atau siapa yang membawa virus, intinya patuhi semua himbauan pemerintah demi kesehatan kita bersama,” pungkasnya.

Direktur RSUD Biak,dr.Ricardo.Mayor menambahkan, untuk kondisi pasien covid-19 di Biak, saat ini dalam keadaan sehat, hanya gejala ringan seperti batuk biasa dan bisa dikatakan sebagai OTG atau orang tanpa gejala.

Ia menambahkan, untuk dua unit alat Polymerase Chain Reaction/PCR yang disiapkan Pemda saat ini masih menunggu karena pengirimannya masih terkendala transportasi.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.