Tingkatkan Kolektibilitas Pembayaran Iuran, BPJS Kesehatan Cabang Biak Bagikan Kaus Di Bandara

Lensapapua, Biak – Dalam rangka meningkatkan kolektibilitas pembayaran iuran khususnya untuk Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU)/peserta mandiri, BPJS Kesehatan Cabang Biak bagi-bagi baju kaus bertuliskan angka 10 yang berarti tanggal 10 adalah batas jatuh tempo pembayaran iuran JKN-KIS. Baju kaus tersebut dibagikan kepada tukang ojek, porter, serta drive airport di Bandara Frans Kaisiepo Biak, Kamis (20/6/2019).

Delila Louisa Rumbiak selaku Kabid Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Biak mengatakan kaus-kaus ini memang dibagikan di tempat keramaian seperti di bandara atau di pasar-pasar untuk mengingatkan kepada para peserta Bpjs Kesehatan agar jangan lupa untuk membayar iurannya.

“Jadi dengan memakai kaus ini yang ada tulisan 10 di belakang kaus, semua orang disekitar kan bisa melihat, sehingga bisa mengingatkan juga kepada peserta BPJS Kesehatan sebelum tanggal 10 untuk jangan lupa membayar iuran,” Ujarnya.

Loisa berharap semoga apa yang dilakukan oleh BPJS kesehatan cabang Biak ini bisa bermanfaat, bisa terus dipakai sekalian bisa mengingatkan peserta untuk senantiasa setiap bulannya dapat membayar iuran tepat waktu agar tidak terkena denda keterlambatan pembayaran.

Dengan dilakukan pembagian kaus ini, kolektibilitas iuran BPJS Kesehatan Cabang Biak perlahan-lahan semakin meningkat dari yang sebelumnya 39% sudah mengalami peningkatan menjadi 41%.

Lanjut Loisa, “sistemnya adalah gotong royong atau saling membantu karena dengan membayar Iuran JKN-KIS maka bisa membantu sesama, peserta yang tidak sakit membantu yang sakit.

“Kita tidak tau kapan kita akan sakit, jadi puji Tuhan, kita yang tidak sakit bisa membantu peserta lain yang sakit dan sedang berobat, jadi kita harapkan mudah-mudahan dengan adanya program ini peserta bisa membayar iuran tempat waktu, untuk Indonesia yang lebih sehat karena dengan gotong royong semua tertolong,” Ujar Louisa.

Sementara itu Michael Korwa (43), salah satu drive airport di Bandara Frans Kaisiepo Biak juga selaku penerima manfaat mengaku selama ini membayar iuran BPJS Kesehatan dengan rutin sehingga saat berobat tidak mengalami kendala dan berjalan lancar, untuk itu Michael menghimbau kepada masyarakat untuk membayar iuran tepat waktu setiap bulan sebelum tanggal 10 supaya pada saat butuh pengobatan kartu Jkn-kis tetap aktif dan bisa terus di gunakan.

“Saya rutin membayar setiap bulan, jadi pada saat berobat saya dilayani dengan baik dan lancar, jadi family dorang yang lain jangan lupa bayar iuran BPJS Kesehatan, jang sampe sakit baru mo berobat kartu sudah tidak aktif karena tidak bayar-bayar, ucap Michael.

Disisi lain, kegiatan ini di apresiasi oleh Duta Bandara Frans Kaisiepo Biak yakni Fabianus S Batlayeri dan Dorce M Rumaropen, “Ini pendekatan yang sangat bagus untuk mensosialisasikan secara langsung kepada masyarakat peserta BPJS Kesehatan agar rutin membayar iuran, jadi masyarakat kota Biak jangan lupa bayar iuran sebelum tanggal 10, ini demi kepentingan diri sendiri, keluarga dan semuanya agar pada saat mau berobat bisa berjalan lancar,” Ujar Fabianus.(red/rin)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *