Super Praktis, Turun Kelas Kepesertaan BPJS Kesehatan Jadi Gampang!

Lensapapua, Berlaku sejak 22 Mei 2020 sampai dengan 31 Agustus 2020, Program Penurunan Kelas Tidak Sulit atau yang disingkat dengan Program Super Praktis ini kembali diterapkan BPJS Kesehatan untuk memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS dalam melakukan penurunan kelas tanpa harus menunggu masa satu tahun kepesertaannya.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Sorong Ambar Permana menyatakan Program Super Praktis ini dapat diakses peserta JKN-KIS tak hanya di Kantor BPJS Kesehatan terdekat namun dapat melalui kanal layanan lainnya seperti aplikasi Mobile JKN dan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.

“Untuk program ini, perubahan kelas melalui kanal layanan aplikasi Mobile JKN dan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 akan berlaku efektif pada bulan berikutnya. Sedangkan jika ingin berlaku secara realtime (di hari yang sama) peserta JKN-KIS dapat langsung mengajukan penurunan kelas dengan mendatangi Kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa kelengkapan berkas sesuai ketentuan,” jelas Ambar, Senin (08/06/2020).

Kebijakan ini disambut positif oleh peserta JKN-KIS yang melakukan perubahan kelas di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sorong. Muharman (51), seorang pensiunan yang terdaftar dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri kelas 1, mengaku prosedur Program Super Praktis ini memudahkan ia dalam pengajuan penurunan kelas rawat yang sesuai kemampuannya.

“Sebelumnya saya berada di kelas 1, mau menyesuaikan kemampuan membayar saya karena adanya perubahan iuran BPJS Kesehatan, jadinya saya turunkan ke kelas 3. Yang saya tahu sebelumnya untuk perubahan kelas biasanya minimal setahun sekali, tapi kali ini karena ada Program Super Praktis dari BPJS Kesehatan ini pastinya sangat memudahkan masyarakat yang harus menyesuaikan ekonominya akibat pandemi Covid-19 ini. Saya barus saja selesai pelayanan perubahan kelas ini, nyatanya tidak susah sama sekali,” jelasnya sambil tersenyum. red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.