SADARKAN PESERTA JKN-KIS PATUH BAYAR IURAN, BPJS KESEHATAN BAGIKAN KAOS

Lensapapua, Berbagai cara yang dilakukan BPJS Kesehatan Cabang Sorong dalam meningkatkan kolektabilitas penerimaan iuran JKN-KIS khususnya pada segmen peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). Salah satunya dengan membagikan kaos pengingat membayar iuran JKN-KIS kepada masyarakat secara gratis, Rabu (19/06/2019). Kaos yang bertemakan membayar iuran JKN-KIS tepat waktu ini diharapkan dapat berpengaruh kepada kesadaran dan kewajiban masyarakat dalam membayar iuran tepat waktu.

Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Ficky Trianto mengatakan dengan disebarkannya atau dibagikan kaos pengingat iuran JKN-KIS ini adalah tujuannya hanya untuk meningkatkan kesadaran peserta JKN-KIS dalam membayar iuran serta bagi yang menggunakan kaos tersebut juga dapat membantu dalam menyadarkan masyarakat yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS yang melihat kaos tersebut saat dipakai dalam sehari-harinya.

“Pembagian ini dikhususkan ke pekerja lapangan yang ada di pusat keramaian seperti di pelabuhan, pasar, pedagang asongan agar dapat dipakai oleh mereka dan dibaca oleh peserta JKN-KIS, dengan tulisan yang terdapat pada kaos yaitu tanggal 10 setiap bulan batas waktu pembayaran iuran JKN-KIS diharapkan yang melihat tulisan dikaos ini menjadi ingat membayar iuran tepat waktu,” tutur Ficky Trianto.

Ficky berharap dengan tersebarnya kaos pengingat iuran tersebut dan semakin banyak yang menggunakan dan melihat tulisan dikaos tersebut akan meningkatkan kolektabilitas penerimaan iuran JKN-KIS.

Sementara itu, salah satu warga pelabuhan Dum yang diwawancarai Tim Jamkesnews, Irenne Wanma yang sehari-harinya menjual kelapa mengaku sangat antusias dengan diadakannya pembagian kaos pengingat iuran JKN-KIS.

“Kami berterima kasih dan sangat antusias dengan kegiatan yang diadakan BPJS Kesehatan dengan membagikan kaos ini. Selain menjadi pengingat untuk kami dalam membayar iuran, kami juga membantu tujuan BPJS Kesehatan ini dengan menggunakan kaos ini dengan harapan pembeli yang lewat dapat membaca dan dapat menjadi pengingat untuk masyarakat lainnya juga dan tentunya langsung membayar iuran JKN-KIS nya,” ungkapnya.

Irenne berharap semakin banyak upaya-upaya yang bermanfaat seperti pembagian kaos tersebut dari BPJS Kesehatan yang bertujuan untuk keberlangsungan program Jaminan Kesehatan ini untuk masyarakat Indonesia khususnya yang ada di wilayah Kota Sorong. ind/red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.