Renkon Penanggulangan KKM KKP Kelas III Biak Selesai Disusun

Lensapapua, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas III Biak mengadakan Penyusunan Rencana Kontijensi (RENKON) Penanggulangan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) diwilayah kerja Bandara Frans Kaisepo KKP Kelas III Biak, Rabu (14/11/2018).

Kami hari ini menyusun Dokumen Rencana Kontijensi (Renkon) yang hasilnya telah disetujui oleh beberapa Instansi atau stakeholder terkait dan semua tindakan-tindakan kita di dalam dokumen itu semuanya menyetujui, Demikian kata Kepala KKP kelas III Biak, dr. Bambang Budiman.

“Jadi kita yang membuat dan kita juga yang akan melakukan nanti dan inti dari isi dokemen ini adalah pelaksanaan kegiatan Apabila terjadi kedaruratan masyarakat atau kedaruratan kesehatan yang ada di wilayah kami, misalnya adanya wabah atau penyakit-penyakit yang ada dibawa oleh orang-orang yang masuk baik dari dalam ataupun luar negeri,” Ujarnya.

Ia menambahkan, Seluruh stakeholder terkait yang mengikuti kegiatan ini menyetujui isi Dokumen tersebut, karena dokumen ini dibuat dari kita untuk kita, dan untuk kita laksanakan bersama bukan karena ada paksaan, ini kita yang membuat kita juga yang melaksanakannya.

“Dokumen ini sangat perlu diadakan dan seharusnya ini harus dibuat sejak lama dan sekarang kita dari pihak KKP dianggap sebagai pencetus nya,” kata dr. Bambang.

Menurutnya, Dokumen ini memang harus dibuat karena kewajiban kita sebagai anggota Besehatan Badan Dunia, Jadi kita harus punya dokumen ini, setiap bandara dan Pelabuhan harus punya dokumen ini.

Dokter Bambang mengatakan Pemda sebagai pemilik wilayah di Kabupaten Biak Numfor sangat mendukung pihaknya, seperti dari Puskesmas sumberker mereka menyiapkan 3 ruangan untuk karantina, selain itu untuk fasilitas semua mendukung, misalkan diperlukan Ambulans maka dari pihak RSUD atau RSAL siap mendukung dan membantu kegiatan kita.

“Harapan kami dengan adanya Dokumen ini, kita sudah bisa merasa lega karena Apabila tiba-tiba saja terjadi kejadian-kejadian yang tidak kita inginkan, kita sudah bisa menggambarkan bagaimana dan harus melakukan apa nantinya,” Pungkas Kepala KKP kelas III Biak, dr. Bambang Budiman. red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.