Raih Akreditasi Tingkat Madya, RSAL dr. R. Gandhi A.T Biak Terus Tingkatkan Pelayanan Berstandar Nasional

Lensapapua, Biak-  Rumkital Dr. R. Gandhi A.T. Lanal Biak, Biak, berhasil meraih predikat akreditasi Tingkat Madya, dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Dengan hasil tersebut, Rumah Sakit Pangkalan TNI AL Biak tersebut, kini menjadi rumah sakit bintang tiga, dengan pelayanan terstandar secara Nasional.

Kepala Rumah Sakit Lanal Biak, Minggu (2/6/2019) mengatakan, kepastian RSAL Lanal Biak memperoleh Sertifikasi Akreditasi Tingkat Madya, telah diumumkan melalui laman resmi KARS www.akreditasi.kars.or.id pada tanggal 28 Mei 2019 lalu. “Dengan telah keluarnya hasil penilaian Akreditasi dari KARS tersebut, maka Kementrian Kesehatan RI, juga telah merekomendasikan RSAL Biak sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan yang tetap dipercaya melayani Pasien BPJS” Cakap dr. Syarif.

Dikatakan dr. Syarif, Pemberian Predikat Akreditasi Madya ini didapatkan melalui penilaian terukur dengan Standar Sistem Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) yang dilakukan KARS di RSAL Biak pada Tanggal 9-11 Mei 2019. Selain itu, capaian yang didapat RSAL ini menegaskan komitmen dari Komandan Lanal Biak, bahwa dokter dan seluruh insan rumah sakit serta stakeholder terkait menghadirkan perubahan dalam peningkatan layanan di rumah sakit kebanggaan masyarakat Biak tersebut.
“Tentunya capaian ini adalah buah dari komitmen kita bersama selama ini, dalam melakukan perbaikan sarana, prasarana dan pelayanan di rumah sakit yang kita cintai. Keberhasilan tersebut juga tak lepas dari support yang diberikan stakeholder terkait dan personil Lanal Biak, yang telah banyak memberikan motivasi, tenaga dan juga pikiran kepada RSAL” ungkap Komandan Lanal Biak.

Sertifikasi Akreditasi Madya yang diperoleh RSAL Biak, Lanjut dr. Syarif, tidak serta merta membuat pihaknya berpuas diri dalam meningkatkan mutu pelayanan. Menurutnya, hasil akreditasi ini adalah proses awal dalam upaya meningkatkan perubahan dan pembaruan meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien. Tantangan selanjutnya adalah mempertahankan predikat madya pada verifikasi yang akan dilakukan KARS pada Bulan Mei 2020 mendatang.
“Bagi kami proses akreditasi merupakan proses tiada henti (never ending process) dalam meningkatkan mutu pelayanan. Untuk itu butuh komitmen yang kuat dari semua insan kesehatan, khusunya di RSAL dalam perubahan budaya kerja serta pelayanan yang mengutamakan pasien dalam penanganan, apalagi bulan Mei 2020 nanti akan dilakukan verifikasi ulang, untuk memastikan apakah kita siap mengemban predikat madya ini” sebutnya.

Oleh karena itu dr. Syarif berharap kepada Pemerintah Daerah, Dinas Kesehatan, TNI AL dan juga Komandan Pangkalan TNI AL Biak selaku pemilik (user) Rumah Sakit agar dapat terus memberikan support khususnya anggaran dalam rangka meningkatkan sarana dan prasarana di RSAL jelang dilakukannya Verifikasi Ulang oleh KARS, sekaligus meraih Target Predikat Rumah Sakit Paripurna pada tahun 2022 mendatang.

“Kita harap institusi TNI AL daerah maupun pusat dapat memberikan dukungan maksimal untuk memenuhi semua rekomendasi dari KARS baik sarana dan prasarana dalam upaya meningkatkan pelayanan secara berkelanjutan. Kita harapkan, di tahun 2022, RSAL Biak dapat meraih predikat Rumah Sakit Paripurna” pungkasnya.(red/rin)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.