Puskemas Paray Biak Ikut Survey Akreditasi 

Puskemas Paray Biak Ikut Survey Akreditasi 

banner 120x600
banner 468x60
Tim Surveyor Bersama Kepala Puskesmas Paray dan Listas Sektor setempat. (Foto: Ririn/Kontributor Lensapapua.com)

Lensapapua, Biak – Pelaksaaan survey akreditasi di Puskesmas Paray Distrik Baik Kota oleh Lembaga Akreditasi Fasyankes Seluruh Indonesia (LASKESI) berangsung sejak tanggal 1 dan 2 Mei 2024 secara daring dan dilanjutkan secara luring pada tanggal 3 dan 4 Mei 2024.

Puskemas Paray Distrik Baik Kota merupakan salah satu dari 9 Puskesmas yang mengikuti survey akreditasi Puskesmas di tahun 2024  setelah ditahun sebelumnya telah dilakukan akreditasi di 12 Puskesmas yang ada di Kabupaten Biak Numfor.

banner 325x300

Sembilan Puskesmas tersebut adalah Puskesmas Biak Kota, Puskesmas Ridge, Puskesmas Paray, Puskesmas Sumberker, Puskesmas Warsa, Puskemas Yendidori, Puskesmas Yawosi, Puskesmas Bondifuar dan Puskesmas Poiru

“Setelah proses pembangunan gedung puskesmas yang baru ini selesai, kami sudah sangat siap untuk mengikitu survery akreditasi dan ini perdana bagi puskesmas paray sehingga teman-teman staf disini begitu antusias, bersemangat dan semua merasa terharu karena pelaksanaan survey akreditasi ini berjalan dengan baik sampai dihari terakhir,” Ungkap Kepala Puskemas Paray, Wahida Hasbi ,S.Tr,Keb.M.Keb Kepada Media di Biak, Sabtu (04/05/2024).

Ia berharap, kedepan Puskesmas Paray semakin memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat sesuai dengan standar peraturan akreditasi maupun perarturan dari Kementrian Kesehatan.

“Terimakasih untuk tim surveyor dari lembaga laskesi yang sudah datang ke puskesmas paray dan sudah bekerja keras untuk suksesnya kegiatan penilaian survey akreditasi ini, terimakasi juga atas semua dukungan lintas sektor yang sangat luar biasa kepada kami,” Ujar Kapus Paray Biak.

Saat ini Puskesmas Paray melayani 7 Kampung sekitar dengan pelayanan Poli Umum, Poli Anak (MTPS), PTM, Malaria, Kesehatan ibu dan Anak, Kesehatan Jiwa, UKS, Kesling, Promkes, Gizi, Pemeriksaan Khusus HIV & Kusta, USG serta Menerima persalinan 24 Jam. Memiliki 2 Orang Dokter Umum dan dibantu 50 Orang Nakes/Staff.

Pelaksanaan Survey Akreditasi hari terakhir di Puskesmas Paray Biak.

Pelaksanaan Survey Akreditasi pada Puskesman Paray dilaksanakan dalam dua kelompok yaitu TKPP (Tata Kelola Pelayanan Penunjang) dan TKSD-UKM (Tata Kelola Sumber Daya – Upaya Kesehatan Masyarakat).

Surveyor TKSD-UKM dari Kabupaten Supiori, apt. Ike Ratna Dewi, S. Si menjelaskan Akreditasi Puskesmas adalah pengakuan terhadap Puskesmas yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan setelah dinilai bahwa Puskesmas telah memenuhi standar pelayanan Puskesmas yang telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan untuk meningkatkan mutu pelayanan puskesmas secara berkesinambungan.

“Salah satu cara untuk menilai mutu dan kualitas pelayanan puskesmas dilakukan dengan akreditasi, dengan implementasi standar akreditasi akan menjamin manajemen puskesmas, penyelenggaraan program kesehatan, dan pelayanan klinis telah dilakukan secara berkesinambungan,” Katanya.

Sementara itu, dr. Meyliana Suthelie, Tim Surveyor TKPP dari Kabupaten Yapen menjelaskan untuk penilaian akreditasi ada 4 penilaian yaitu mulai dari Tidak Lulus, Lulus Dasar, Lulus Madya, Lulus Utama dan Lulus Paripurna, masing-masing memiliki kriteria penilaian sesuai dengan aturan yang sudah ada.

“Harapan kami dan tentunya dari kementrian kesehatan yaitu semua pelayanan kesehatan di indonesia, semua puskesmas baik di kota hingga ke pelosok-pelosok daerah semuanya harus sama sesuai dengan standar akreditasi yang ada”, Sambungnya.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.