Program JKN-KIS Jaminan Kesehatan Keluargaku

Lensapapua –  Semakin banyak masyarakat indonesia yang merasakan manfaat dari Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sejak 2014 yang lalu.

 

Martina Wafom seorang ibu rumah tangga yang merupakan sesosok ibu yang tegar dan kuat dalam menjaga 4 orang anaknya yang sedang tumbuh seorang diri tanpa sang suami. Martina menceritakan kisahnya yang telah menjadi peserta JKN-KIS dari 2014 yang lalu.

 

“Saya hanya seorang ibu rumah tangga, suami sudah sejak 2014 yang lalu meninggal karena stroke. Saya membesarkan 4 anak dengan sangat hati-hati, makanya kesehatan mereka saya jaga sekali.

 

Apalagi kalau sampai sakit, bingung panik rasanya memikirkan kondisi apalagi biayanya. Untungnya kami sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dari segmen PBI APBN sejak lama. Kami sekeluarga bisa berobat ke Puskesmas yang sesuai tertera di Kartu JKN-KIS tanpa harus fikir biaya lagi,” cerita Martina.

“Anak saya pernah dirawat 1 hari di UGD karena diarenya, saya pernah berobat dipuskesmas karena darah tinggi saya. Syukurlah kami bisa dengan tenang berobat sana sini jika ada sakit, rasanya beban saya diringankan dalam merawat anak-anak saya karena untung jaminan kesehatan kami sekeluarga sudah dijamin oleh negara lewat BPJS Kesehatan,” lanjut Martina.

 

Peserta yang mendaftarkan diri sebagai pasien di Puskesmas Klasaman Sorong ini merasa selama ini Puskesmas dan rumah sakit rujukan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan tempat ia dan keluarga berobat pelayananannya sangat baik kepada semua pasien tanpa membeda-bedakan pasien umum dan pasien yang dijamin BPJS Kesehatan.

 

Tak lupa juga Martina merasa puas dengan pelayanan yang diberikan pegawai BPJS Kesehatan setiap ia mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sorong.

 

Lanjutnya, martina menyampaikan harapan serta kesannya terhadap Program JKN-KIS yang selama ini menjadi jaminan kesehatan yang sangat bermanfaat bagi ia dan keluarga.

 

“Yah, Program JKN-KIS ini saya rasa, kami masyarakat sangat merasa terbantu dengan adanya program tersebut. Kami yang tidak punya biaya lebih untuk berobat bisa merasa tenang telah dijamin kesehatannya oleh BPJS Kesehatan.

 

Apalagi anak-anak saya masih dalam tahap tumbuh kapan saja bisa terserang penyakit. Saya sangat berharap program ini kedepannya akan semakin maju, semakin suskes dan baik dan semakin berguna bagi seluruh masyarakat Indonesia.

 

Tak lupa juga saya mewakili masyarakat rasa syukur dan terimakasih atas adanya program ini,” tutup Martina sambil tersenyum. (Red-TR/ws)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.