Plt Direktur RSUD Biak Himbau Peserta JKN-KIS Selalu Cek Keaktifan Kartunya

Lensapapua, Biak – Pelaksana tugas, Direktur RSUD Biak, dr. Ricardo Mayor menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Biak Numfor dan juga dari Teluk Saireri yang telah memanfaatkan pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Biak sebagai Rumah Sakit Rujukan Regional di Provinsi Papua.

Dokter Ricardo mengatakan sudah ada banyak sekali layanan RSUD Biak yang dapat diakses oleh masyarakat, walaupun di sisi lain ada beberapa hal yang belum bisa terpenuhi oleh Rumah Sakit seperti misalnya ketersediaan obat, bahan habis pakai dan dokter yang diperlukan oleh masyarakat.

“Memang biasanya pada saat-saat tertentu ada obat-obat tertentu yang habis di RSUD Biak dan masih dalam pemesanan atau dalam pengiriman itu biasanya menjadi keluhan masyarakat,” Ujarnya di Biak, Selasa (26/6/2019).

Menurut Ricardo pada saat tertentu bukan hanya di Biak saja yang memerlukan ketersediaan obat tapi di seluruh Papua, ada obat tertentu habis bahkan secara Nasional tidak bisa diproduksi karena bahan bakunya dari luar negeri dan ini yang kadangkala terjadi, akan tetapi pihak RSUD selalu berupaya untuk kecukupan obat, kecukupan bahan habis pakai dan untuk pelayanan yang telah tersedia.

“Kami berusaha untuk memenuhi kebutuhan dan pelayanan terbaik kepada masyarakat tapi apa boleh buat ini kadang terjadi, tapi kami tidak pernah berhenti selalu berupaya untuk melayani dengan sebaiknya di RSUD Biak,” Tuturnya.

Sementara itu terkait dengan pasien peserta JKN-KIS, Ricardo menjelaskan pasti akan dilayani dengan baik, apabila memenuhi syarat misalnya pasien datang ke instalasi rawat jalan bisa dilayani dengan menggunakan JKN-KIS apabila pasien membawa rujukan dari pelayanan tingkat awal misalnya dari dokter keluarga atau dari puskesmas, kecuali pasien gawat darurat bisa langsung di UGD.

Ricardo menambahkan, BPJS Kesehatan secara nasional sudah berjalan sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku yakni Peraturan Menteri Kesehatan maupun Peraturan Presiden tentang pelayanan JKN-KIS, untuk itu masyarakat dan juga pemberi layanan harus mengikuti aturan yang ada karena BPJS juga bergerak mengikuti aturan dan tunduk pada undang-undang dan juga peraturan pemerintah.

Ia menghimbau kepada pasien JKN-KIS agar selalu tahu apakah kartunya masih aktif atau tidak khususnya untuk peserta PBPU atau peserta mandiri, agar tidak mengalami kesulitan dan lancar saat ingin menjalani pengobatan di RSUD Biak.(red/rin)

Mungkin Anda Menyukai

2 tanggapan untuk “Plt Direktur RSUD Biak Himbau Peserta JKN-KIS Selalu Cek Keaktifan Kartunya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.