banner 728x250

Pj. Bupati Sorong Mimpikan Sistem Informasi Data Terintegrasi Lintas Instansi

Pj. Bupati Sorong, Yan Piet Mosso berbincang dengan salah seorang pasien ketika melakukan sidak di RSUD John Piet Wanane, Rabu (7/9/2022). Dok/red
banner 120x600
banner 468x60

Lensapapua, Pj. Bupati Sorong, Yan Piet Mosso melakukan inspeksi mendadak di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Sorong, Rabu (7/9/2022).

OPD pertama yang mendapat inspeksi adalah badan layanan umum daerah (BLUD) RSUD John Piet Wanane yang terletak di kilometer 22.

banner 325x300

Dalam inspeksinya Yan Piet Mosso menilai sejumlah fasilitas masih perlu ditingkatkan di RSUD John Piet Wanane.

Kepada awak media ia mengatakan sudah seharusnya RSUD John Piet Wanane sebagai rumah sakit rujukan memiliki sistem pendataan yang terintegrasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Sehingga ketika ada kelahiran ataupun kematian di rumah sakit ini datanya akan otomatis sinkron dengan data di Disdukcapil. Sistem ini bisa diterapkan hingga di fasilitas kesehatan tingkat pertama atau puskesma di seluruh Kabupaten Sorong,” terangnya.

Sistem data terintegrasi ini akan memangkas birokrasi bidang kependudukan yang selama ini masih terpusat di Disdukcapil Kabupaten Sorong.

Tak hanya itu, Yan Piet Mosso juga menginginkan setiap rekam medis dapat dipantau langsung oleh kepala daerah.

“Saya memimpikan setiap data di rumah sakit dapat dipantau langsung dari ruangan kerja saya. Dari data ini dapat diperoleh indeks tingkat kesehatan masyarakat Kabupaten Sorong secara menyeluruh,” ujarnya

Menurutnya, dari indeks ini dapat dijadikan sebagai salah satu instrumen penilaian tingkat kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sorong.

“Pemimpin itu kerja agar masyarakat sejahtera. Kesejahteraan masyarakat sendiri dapat dilihat dari indeks kesehatan tadi,” tegasnya. red

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.