Penyakit ISPA Mewabah Dikampung Maibo Distrik Aimas Kabupaten Sorong

banner 120x600
banner 468x60

dokter-agustinus-luther

Lensapapua–  Sebagai tenaga medis di PMI Kabupaten Sorong, Dr. Agustinus Luther  mengemukakan, ia dan timnya sedang menangani pengobatan penyakit dasar yang sering ditemui seperti Malaria dan ISPA ( Inpeksi Saluran Pernapasan Akut) yang diderita masyarakat dikampung Maibo Distrik Aimas Kabupaten Sorong.

banner 325x300

Khusus pada saat ini kasus yang paling banyak ditemukan adalah penyakit ISPA batuk, pilek-red) hampir semua anak-anak dan orangtua (ibu) yang ada di kampung Maibo mengalami batuk pilek, kata dokter Agus, saat berkunjung dikampung Maibo dalam kegiatan bhakti sosial yang digelar ikatan alumni SMEA negeri 1 Sorong angkatan 1996 bersama PMI Kabupaten Sorong, Sabtu (22/10)

Khusus bagi kaum bapa penyakit yang ditemukan khas  penyakit tulang belakang, mungkin dikarenakan pekerjaannya yang kesehariannya kebanyakan sebagai pemecah batu.

Sesuai hasil analisa kami selain penyakit ISPA dan penyakit tulang belakang, penyakit gangguan kulit hanya sebagian kecil saja, dan ini bisa saja diakibatkan faktor cuaca, tertular dari orang lain atau sanitasi yang kurang baik, tuturnya.

Diakui dokter Agus, sejak tahun 2013 lalu, pihaknya sudah sering berkunjung melakukan pengobatan dikampug Maibo, pada waktu itu masyarakat masih tinggal dibawah atap terpal (belum ada rumah-red) karena masyarakat kampung Maibo ini pindahan dari eks bandara DEO Kota Sorong yang terkena penggusuran.

Ditambahkan dokter Agus, jika ditilik dari sisi lingkungan yang ditempati  masyarakat, memang sangat tidak layak karena wilayah kampug Maibo ini daerah pinggir laut, tetapi masyarakat juga harus berupaya membiasakan diri untuk hidup sehat dengan mengkonsumsi air bersih sebagai kebutuhan pokok, jangan selalu bergantung kepada bantuan pemerintah atau kepada oranglain, kata dokter Agus. RED

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.