Pengidap HIV/AIDS Kabupaten Sorong Capai 1.264 Penderita

Acun

Lensapapua – Sesuai dengan sumber data dari RSUD Kabupaten Sorong per Desember 2015 lalu, jumlah kasus penderita HIV/AIDS di daerah ini mencapai 1.264 penderita.

Dari angka tersebut dinilai sudah menurun 0,1 persen jika dibanding dengan tahun sebelumnya, ujar Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Sorong Acun Usuman, Rabu (10/2).

Dari jumlah sebanyak 1.264 orang terdiri dari pengidap HIV/AIDS berjenis kelamin laki-laki sebanyak 603 orang  dan perempuan 661 orang. Jumlah sebanyak itu yang ARP (mereka yang mengkonsumsi obat)  259 orang.

Sehubungan dengan hal itu, lanjut Acun, pihaknya terus memberikan informasi kepada masyarakat terhadap penyakit yang mematikan itu yang  hingga saat ini belum ada obatnya, dengan cara kita mendeteksi dini, bebernya.

Jadi untuk mendukung terlaksananya kegiatan tersebut, Pemkab Sorong mengeluarkan berupa Peraturan Bupati Sorong agar bagaimana ada alokasi anggaran  yang cukup signifikan, sesuai dengan kebutuhan.

Upaya lain pihaknya terus mengadakan koodrdinasi terhadap  lima  perusahaan yang beroperasi di daerah ini, yakni JOB (Joint Operation Body), Pertamina RU VII Klamono, PT Hendrison Ariyana Persada, perusahaan Inti Kebun Perada di Distrik Moisigin serta perusahaan pengelolaan kayu lapis di Arar Distrik Mayamuk, urainya.

“Intinya, Pemkab Sorong sebagai pelindung dalam KPA ini sangat peduli terhadap penanggulangan HIV/AIDS yang ada di daerah ini,”jelas Acun menambahkan. (rim/Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lensapapua.com

FREE
VIEW