Pemerintah Kota Sorong Komitmen Dukung Pemberantasan Kawasan Kumuh Daerah Perkotaan

Lensapapua–  Kota Tanpa Kumuh merupakan program pemerintah pusat melalui kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat yang tertuang didalam Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Nasional untuk menurunkan angka kekumuhan diseluruh daerah di Indonesia.

Sebab sejumlah kota disinyalir mengalami kekumuhan karena 2 hal yakni, pertambahan penduduk yang tidak dapat dibendung, dan rendahnya kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Dikatakan Kepala bagian perencanaan direktorat pengembangan kawasan pemukiman kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat, Indra Saputra, tercatat ada 38.431 hektare pemukiman kumuh di Indonesia.

Dimana impian dan target pemerintah menurunkan angka kekumuhan menjadi 0 kumuh di Indonesia selesai ditahun 2019 sehingga komitmen bersama dalam menyukseskan program tersebut harus terjalin antara pemerintah, stakeholder dan masyarakat.

“Ditahun 2016 sudah ada 6300 hektare dari 38.431 hektare kawasan kumuh di Indonesia yang diubah, dimana Kota Sorong juga mempunyai komitmen penyusunan RP2KP tahun 2015, berdasarkan laporan Kota Sorong memiliki 51,7 hektare di 19 titik pada 17 kelurahan yang masuk dalam kategori kumuh.

Salah satunya berada pada kawasan kali Remu yang diresmikan dan diserahkan dari kementrian PU-Pera ke pemerintah Kota Sorong sebagai asset untuk dikelola” kata Indra Saputra, Rabu (14/12/2016)

Sementara itu, pelaksana Tugas Walikota sorong, Yakonias Sawaki mengajak kepada seluruh masyarakat yang tinggal dikawasan bantaran kali Remu untuk senantiasa menjaga kebersihan kali, menjaga semua perlengkapan yang telah disiapkan pemerintah agar dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan masyarakat.

“Ini kali pertama saya datang kesini, kesan awal jika melihat air kali Remu pasti mengecewakan, namun karena ada program pemerintah pusat ini sehingga wajah kali Remu mulai diubah secara bertahap.

Dan hari ini kita resmikan kali Remu yang ada, saya ingatkan kepada seluruh masyarakat khususnya yang tinggal dikawasan bantaran kali remu untuk mari kita jaga kali kita, kawasan yang telah bagus dan indah ini menjadi kawasan rekreasi kebanggaan kota sorong”ujar Yakonias Sawaki.

Kawasan kali remu yang terletak dibagian belakang dari pasar central Remu Sorong merupakan kawasan kumuh, namun setelah dilakukan perbaikan, kawasan kali Remu diharapkan akan menjadi kawasan wisata alternatif masyarakat Kota Sorong.(yud/RED)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.