Operasi Caesar Mahal? Tenang, Ada BPJS Kesehatan Yang Bayarin

banner 120x600
banner 468x60

Lensapapua, Manfaat yang ditawarkan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sudah diketahui banyak orang, hal ini juga dialami ibu rumah tangga Anis Wardani (38) yang baru saja melahirkan anak ketiganya melalui operasi caesar dengan bantuan JKN.

Diakui Anis, mendaftar menjadi peserta JKN pada segmen Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan  (PBI-JK) merupakan salah satu hal yang sangat ia syukuri. Semua perawatan yang diterimanya gratis dan tidak ada biaya tambahan.

banner 325x300

Anis menceritakan pengalamannya sebagai peserta JKN, tidak hanya saat melahirkan, untuk pengobatan penyakit ringan, Anis juga memanfaatkan program JKN ketika berobat ke fasilitas kesehatan “Saya sudah menjadi peserta JKN sejak awal tahun 2016, banyak pengalaman yang saya alami. Manfaat sejak saya menjadi peserta JKN. Berkat program JKN, saya bisa berobat tanpa biaya,” kata Anis.

“Sejak anak pertama, saya sudah empat kali melahirkan di rumah sakit dengan bantuan program JKN, semuanya gratis. Peserta segmen PBI-JK merasa program JKN sangat mendukung. Menurutnya, ketika Anis mendaftar sebagai anggota PBI-JK, dia tidak perlu lagi khawatir akan membutuhkan layanan kesehatan. Mengingat biaya kesehatan yang relatif mahal saat ini, menjadi peserta JKN merupakan solusi bagi seluruh masyarakat.

“Saya sudah tidak bingung lagi kalau di PBI-JK, saya merasa aman kalau tiba-tiba sakit, apalagi kalau operasi caesar seperti itu, pasti mahal kalau tidak pakai JKN. Ikut PBI-JK itu solusi terbaik terutama bagi masyarakat yang terkendala oleh biaya pengobatan,” ujar Anis. Anis melanjutkan, saat melahirkan, saya mendapat pelayanan yang sangat baik dari rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, semua biaya pengobatan dan tindakan medis tidak sampai sepeser pun dari biaya persalinan yang saya keluarkan, tidak ada bedanya dengan pelayanan medis. Selama proses melahirkan, saya jadi lebih tenang dan bisa lebih fokus pada proses melahirkan,” kata Anis.

Program JKN telah memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat Indonesia, karena masyarakat memiliki akses terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan finansial, tanpa harus mendaftarkan masyarakat sebagai peserta karena keterbatasan finansial.

Pemerintah terus berupaya meningkatkan cakupan program JKN dan kualitas pelayanan kesehatan. Melalui program JKN, diharapkan semakin banyak ibu seperti Anis yang dapat melahirkan dengan tenang dan merasa aman, sehingga dapat sepenuhnya fokus pada kesehatan diri dan calon bayinya tanpa memikirkan beban keuangan.

Anis juga menekankan kemudahan mendapatkan pelayanan kesehatan melalui KTP/KK dan aplikasi Mobile JKN yang menjadi solusi baginya untuk berobat setiap saat: statusnya nonaktif, bisa langsung saya urus,” kata Anis. Anis berharap melalui sertifikasi ini, masyarakat yang mungkin masih ragu atau belum mengetahui manfaat menjadi peserta JKN akan memahami pentingnya memiliki jaminan kesehatan seperti program JKN. “Saya berharap masyarakat semakin sadar akan pentingnya mendapatkan jaminan kesehatan bagi dirinya dan keluarganya yang terdaftar sebagai peserta JKN, masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan mengakses layanan kesehatan dengan mudah dan cepat,” ujar Anis. ind/red

Sebagai penyelenggara asuransi nasional, BPJS Kesehatan tetap berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh peserta. Dengan kesaksian Anis ini, diharapkan masyarakat semakin mempercayai program JKN dan memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan kesehatannya.

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.