Masa Pandemik Covid 19, Layanan e-BPJS Kesehatan Jadi Andalan

Lensapapua, Layanan elektronik dari BPJS Kesehatan kini telah menjadi layanan andalan bagi peserta JKN-KIS saat penerapan physical distancing di tengah pandemi Covid-19 ini. Untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, BPJS Kesehatan telah mengalihkan beberapa pelayanan JKN-KIS ke berbagai layanan elektronik seperti aplikasi Mobile JKN, Layanan Chika serta BPJS Kesehatan Care Center 1500400 yang dapat diakses langsung peserta tanpa harus keluar rumah.

Irfan (25), seorang peserta JKN-KIS dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) mengaku senang karena dapat mengakses kepesertaan JKN-KIS-nya hanya melalui smartphone miliknya tanpa harus keluar rumah.

“Sudah tepat sekali tindakan dari BPJS Kesehatan soal pelayanan yang dialihkan ke sistem elektronik. Saya sebagai peserta merasa ini sangat bermanfaat karena tujuannya memang memberikan kemudahan,” jelasnya kepada Jamkesnews, Kamis (14/05/2020) ketika dihubungi via telepon.

Layanan elektronik yang ditawarkan BPJS Kesehatan ini juga beragam sehingga memberikan peserta pilihan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Seperti pelayanan Mobile JKN dapat digunakan oleh peserta yang memiliki smartphone berbasis Android, layanan Chika dapat digunakan peserta yang terkendala oleh jaringan internet yang belum maksimal. Sementara untuk layanan BPJS Kesehatan Care Center 1500400 dapat dimanfaatkan oleh seluruh peserta yang memiliki akses telepon.

Berdasarkan pengalamannya, Irfan mengaku menjadi salah satu peserta JKN-KIS yang memanfaatkan aplikasi Mobile JKN dengan mudah. Berbagai fitur dari aplikasi Mobile JKN pun sudah ia pahami kegunaannya serta manfaatkan beberapa kali. Ia pun merasa puas dan sangat merekomendasikan aplikasi Mobile JKN untuk kerabat-kerabatnya.

“Mudah penggunaannya, fiturnya juga banyak dan berguna semua. Selama pandemi ini saya dapat info juga ada fitur-fitur terbaru yang bisa dimanfaatkanseperti screening mandiri, konsultasi dokter, dan antrean elektronik. Semoga layanan-layanan elektronik BPJS Kesehatan ini semakin banyak dimanfaatkan oleh peserta JKN-KIS,” ucapnya. red/ind

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.