Luther Salamala: Atasi Stunting Melalui Pengentasan Kemiskinan

banner 120x600
banner 468x60

Lensapapua – Untuk mengatasi stunting terlebih dahulu harus memerangi kemiskinan. Karena justru dari kemiskinan itu akan bisa berdampak ke hal-hal yang lain.

banner 325x300

 

Salah satunya penanganan stunting yang merupakan salah satu isu strategis nasional untuk dikejar targetnya pada tahun 2024 mencapai angka 14%.

 

Demikian keterangan pers, Pj Bupati Sorong Yan Piet Moso, diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan, Luther Salamala, usai membuka kegiatan lokakarya mini percepatan penurunan stunting bersama lintas sektor diselenggarakan oleh Dinas P2KBP3A, berlangsung di Kelurahan Klasuluk, Distrik Mariat, Jumat (19/5-2023).

 

Menurutnya, banyak program lain yang perlu segera dilaksanakan. Mulai dari tingkat kementerian/lembaga hingga ke Pemda agar bagaimana bisa memerangi kemiskinan itu secara merata di se-antero Nusantara ini.

 

Contoh riilnya, seperti di bidang pariwisata. Jika, pemerintah membuka akses dan ruang yang seluas-luasnya pada bidang tersebut, maka secara otomatis secara tidak langsung ada perannya pemerintah untuk memberdayakan ekonomi masyarakat setempat, ujar Luther.

 

Sambungnya, dengan pendapatan masyarakat baik atau meningkat, maka akan mempengaruhi ekonomi masyarakat. Sehingga akan terjadi proses pasar yang bisa meningkatkan pendapatan bagi masyarakat itu sendiri, katanya.

 

“Untuk itu, apabila pemerintah ada kegiatan dalam bentuk apapun harus bisa berbelanja langsung ke pasar. Sebab hal ini akan mempengaruhi hasil jualan masyarakat, serta bisa mendongkrak perekonomian warganya itu,”bebernya menambahkan. (Rim/red)

 

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.