banner 728x250

Kadis Kesehatan Kabsor: Penanganan Stunting Libatkan 18 OPD

banner 120x600
banner 468x60
Kadis Kesehatan Kabupaten Sorong, dr. Ronney Kalesaran

Lensapapua –  Sesuai Instruksi pemerintah pusat ada 18 OPD (Organisasi Perangkat Daerah) memiliki peran dan fungsi tugasnya masing-masing dalam penanganan stunting di daerah ini. Ujar kepala dinas kesehatan Kabupaten Sorong dr. Ronney Kalesaran, saat melaksanakan FGD (Forum Group Discussion dihotel Aquarius Aimas  Kamis (29-09/22)

 

banner 325x300

Dikatakan Ronney, Penanganan stunting ada dua intervensi. Pertama intervensi gizi ditangani Dinas Kesehatan, sedangkan intervensi sensitif, banyak ditangani OPD yang lain. Tapi meskipun demikian,  lebih banyak pengaruhnya di intervensi sensitif.

Jadi ini semua merupakan tindak lanjut dan arahan dari beliau (Pj Bupati Sorong), yang menjadi salah satu fokus program prioritas di masa jabatannya, jelas Ronney.

 

Diakuinya, selama ini setiap OPD sudah menjalankan tugasnya masing-masing. Tim ini sudah terbentuk melalui SK bupati sebelumnya,” beber Ronney.

 

Memang kita butuh Koordinasi yang baik supaya saling sinergitas. Baik itu dari tingkat OPD maupun dari pihak professional, seperti Dharma wanita persatuan, Kemenag dan lain sebagainya.

Disisi lain, Kepala Dinas P2KBP3A (Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak) Feri Fatem, mengatakan  sesuai dengan petunjuk Presiden RI kepada BKKBN,  terkait penurunan stunding di tanah air.

 

Maka, tindak lanjutnya itu kami dari Kabupaten Sorong sudah membentuk tim. Namanya Tim Percepatan Penurunan (TPP) stunting. Ujanya

 

Melalui pelaksanaan FGD kata Feri,  telah kami sampaikan ke semua OPD terkait maupun secara eksternal kita libatkan Kemenag dan dlDharma wanita untuk secara bersama-sama kita kerja bareng dalam rangka percepatan penurunan stunting.

 

“Apalagi target secara nasional 2024 angka stunting harus di bawah 14%. Sehingga dalam waktu kurang lebih dua tahun ke depan kita harus kerja cepat dan penuh ekstra untuk mengejar target tersebut,” pungkas Feri. Red

 

 43 Kali

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.