Jelang Idul Fitri BPOM Jayapura Lakukan Pengawasan Pangan Di Biak Numfor

Lensapapua, Biak –   Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Jayapura melakukan pengawasan produk-produk pangan yang rusak, kadaluarsa maupun bahan tanpa izin edar terutama di distributor, toko-toko dan kios-kios di Kabupaten Biak Numfor.

 

Pengawasan ini dilakukan dalam rangka melindungi kesehatan masyarakat dan mencegah beredarnya makanan dan minuman yang tidak memenuhi syarat mutu dan keamanan/standar kesehatan terutama di bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1440 H.

Menurut Minarto S. Farm, Apt. dari tim Balai POM Jayapura dari pantauan pihaknya di lapangan memang masih ditemukan beberapa produk pangan baik yang rusak maupun kadaluarsa namun jumlahnya tidak signifikan.

 

“Untuk itu kami lakukan pembinaan terhadap distributor maupun penjual penjual di kios maupun toko dengan dilakukan pemusnahan di tempat oleh pemilik yang disaksikan oleh petugas Balai POM Jayapura serta dari Satnarkoba Polres Biak Numfor,” katanya saat melakukan pengawasan di Kampung Ramadhan Jalan Imam Bonjol Biak, Rabu (15/5/2019).

 

Pengawasan oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Jayapura ini didampingi oleh perwakilan Dinas Kesehatan Biak Numfor, perwakilan Disperindag Biak Numfor serta Kasat Narkoba Polres Biak Numfor.

 

“Selanjutnya sore hari dilakukan pengawasan pangan jajan takjil untuk berbuka puasa yang dilakukan selama 2 hari, mulai kemarin dan hari ini di seputaran kompleks Hadi Supermarket,” ujar Minarto.

 

Dijelaskan bahwa dalam pengawasan BPOM Jayapura ini melakukan pengujian terhadap 4 parameter uji diantaranya yaitu uji formalin, boraks, pewarna metanil yellow dan pewarna makanan rhodamin b pada makanan.

 

Lanjut Minarto, dari 46 sampling yang diambil hasilnya semua memenuhi syarat, tidak ditemukan bahan berbahaya maupun pewarna makanan yang dilarang.

 

Sementara itu, Kasatnarkoba Polres Biak Numfor AKP. Mika Rumbrapuk mengatakan berdasarkan perintah Kapolres Biak Numfor pihaknya turut mendampingi BPOM Jayapura yang melakukan tugasnya selama 2 hari di wilayah hukum Polres Biak Numfor.

 

“Sesuai Perintah Pimpinan, Kapolres Biak Numfor kami turut mendampingi BPOM Jayapura selama melaksanakan tugas di wilayah hukum kami, ada dilakukan pembinaan terhadap para pengecer/penjual makanan terhadap barang-barang yang sudah mendekati kadaluarsa, dan sejauh ini yang kami lihat tidak ada pelanggaran-pelanggaran yang signifikan,” pungkas Kasatnarkoba Polres Biak Numfor.(red/rin)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.