Jarak Jauh Tak Menghambat Merawat Orangtua Yang Sakit

Yohana Mika Londong

Lensapapua –  Manfaat yang luar biasa dari Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah diakui oleh hampir seluruh masyarakat yang menjadi peserta JKN-KIS.

 

Seperti yang dialami oleh keluarga besar dari seorang karyawan swasta bernama Yohana Mika Londong (37) yang telah menjadi peserta JKN-KIS sejak tahun 2014.

 

Ia yang ditemui di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sorong saat ingin mengurus kepesertaan sang mertua menceritakan bagaimana Program JKN-KIS membantu ia dan keluarga besarnya selama ini.

 

“Mertua saya di kampung daerah Toraja, sudah menggunakan kartu ini sejak dulu, mereka (ibu mertua dan ayah mertua) sangat memanfaatkan Program JKN-KIS dengan baik diumur mereka yang sudah menginjak lanjut usia,” tutur Yohana.

 

“Setahun yang lalu, Ibu mertua saya darah tingginya pernah memburuk sehingga mengharuskan opname 1 minggu. Ayah mertua saya juga pernah opname karena diabetesnya dan itu hampir sebulan di rumah sakit.

 

Kami rasanya sangat bersyukur dengan adanya Program JKN-KIS, karena saya dan suami yang berjauhan dengan mertua (Sorong-Toraja) setidaknya tidak perlu terlalu khawatir memikirkan biaya perawatan orang tua jika mereka sakit,” ungkap Yohana.

 

Yohana menceritakan bahwa sang mertua yang berada jauh di kampung Toraja tak menghambat ia dan suami dalam membantu orang tuanya jika sakit, ia dan suami masih bisa membantu dalam mengurus administrasi atau kendala dalam masa pengobatan sang orang tua.

 

“Kasian orang tua mau ngurus BPJS nya kalau dikampung, aksesnya susah, sudah tidak kuat lagi mau jalan kemana-mana. Jadi selama kami bisa, kami yang mengurus segalanya mulai dari awal sampai akhir prosedur untuk kartu BPJSnya di Kantor Cabang Sorong disini,” kata Yohana.

 

Tak sampai disitu, yohana pun menceritakan sang anak yang baru-baru ini menjalani rawat inap selama 3 hari karena sakit panas.

 

“Kalau tidak ada kartu JKN-KIS entah kami sekeluarga mengeluarkan biaya jika sakit sebanyak apa, anak saya umur 3,5 tahun ini saja sudah sudah 3 hari diopname karena malaria.

 

Anak kami yang dekat saja kami sangat khawatir dengan keadaannya apalagi mertua saya yang jauh disana. Tapi rasanya bersyukur sekali, karena sudah memiliki kartu JKN-KIS ini, kami percaya pengobatan dan perawatannya luar biasa tanpa harus kami fikirkan biaya lagi. Rasanya keluarga yang jauh jadi terasa dekat,” ujar Yohana.

 

Yohana berharap Program JKN-KIS akan selalu ada untuk membantu banyak keluarga Indonesia yang membutuhkan seperti dia.Ia juga menghimbau untuk seluruh masyarakat agar mendaftar diri sebagai peserta JKN-KIS karena manfaatnya sangat luar biasa. (Red-TR/ws)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.