Jangan Salah, JKN-KIS Bukan Hanya Untuk Manula Lho!

Lensapapua, Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indonesia yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Salah satunya, Ida yang terdaftar dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN. Wanita ini mengaku sangat beruntung bisa terdaftar sebagai peserta JKN-KIS selama ini.

“Kata orang memang benar, penting sekali terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Dari pengalaman, saya rasakan manfaatnya untuk perlindungan diri. Bukan hanya yang seperti saya saja, yang berusia senja yang wajib punya tapi mulai dari lahir setiap orang memiliki hak untuk jaminan kesehatan,” ungkapnya, Selasa (25/08/2020).

Saat menceritakan pengalamannya ketika menjalani perawatan penyakit jantung dan hipertensinya selama ini dengan memanfaatkan kepesertaan JKN-KIS, Ida mengaku sangat bersyukur telah dibantu oleh seluruh masyarakat Indonesia lewat Program JKN-KIS.

“Beberapa kali saya dirawat di rumah sakit karena penyakit saya kambuh. Dengan menggunakan BPJS Kesehatan ini rasanya beruntung memiliki jaminan kesehatan,” ungkapnya yang saat ini tengah dirawat di Rumah Sakit Mutiara Sorong.

Ida menambahkan bahwa kesehatan sangat berharga, tidak selamanya manusia dalam kondisi yang sehat terus, sehingga jaminan kesehatan sangatlah penting dimiliki setiap masyarakat. Ia menambahkan, mengingat biaya pengobatan di zaman sekarang yang tidak lagi murah, adanya Program JKN-KIS sangatlah mempermudah kesejahteraan masyarakat.

“Saya rasa tidak ada salah atau ruginya terdaftar sebagai peserta JKN-KIS ini. Tidak harus orang tua seperti saya saja tapi penting juga untuk anak cucu kita semua sejak dini didaftarkan, jaminan kesehatan itu penting di jaman sekarang. Apalagi manfaatnya Program JKN-KIS ini sangat berlimpah,”ungkapnya.

Ida berharap agar Program JKN-KIS dapat terus ada ke depannya karena program tersebut sangat dibutuhkan masyarakat. Menurutnya sejak Program JKN-KIS ada, akses masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang baik menjadi semakin mudah. whd/red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.