Published On: Kam, Okt 11th, 2018

Ingatkan Peserta JKN Bayar Iuran BPJS Kesehatan Biak Bagi-bagi Kaos

Lensapapua, BPJS kesehatan Cabang Biak bagi-bagi Kaos yang bertuliskan “Bayar BPJS kesehatan paling lambat tanggal 10 setiap bulan”, kepada mama-mama yang sedang berjualan di Pasar Darfuar Distrik Samofa Kabupaten Biak Numfor, Kamis (11/10/18).

Sebayak 50 kaos ini di bagikan dengan tujuan menindaklanjuti program Nasional Jamkesmas untuk terus mengingatkan peserta bukan penerima upah (PBPU) atau peserta mandiri agar membayar iuran Jamkesmas secara teratur Maksimal pada tanggal 10 setiap bulan.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Biak, Budi Sukwara mengatakan, sebagaimana diketahui untuk pembayaran iuaran peserta Jamkesmas, maksimal pada tanggal 10 setiap bulan.

“Untuk itu kita brupaya mengingatkan mayarakat sebagai peserta PBPU atau peserta Mandiri dengan bantuan mama – mama di pasar darfuar ini dengan membagikan kaos pengingat untu bayar iuran Jamkesmas”, tutur Kacab BPJS Cab Biak.

Kacab BPJS Cab Biak menambahkan, hal ini di karenakan sampai September ini di Biak Nunfor ada 4000an peserta yang menunggak pembayarannya, jadi harapannya dengan mama – mama disini menggunakan kaos ini di saat ada pengunjung datang bisa melihat, membaca tulisannya dan bisa menngingat kewajibannya membayar iuran.

“Tadi saya sempat bincang-bincang dengan masyarakat, mereka cukup antusias dan merasakan manfaat kartu JKN yang mereka miliki, mudah – mudah dengan pembagian kaos ini, peserta lebih disiplin membayar luaran karena keberlangsungan dari program Jamkesnas ini harus didukung dengan kedisiplinan pembayaran iuara,” tegasnya.

Dihimbau untuk masyarakat yang belum menjadi peserta JKN di harapkan segera mendaftar, untuk peserta yang sudah memiliki kartu JKN agar mengingat kewajiban membayar iuran sebelum tanggal 10, karena jika terlambat maka secara otomatis kartu akan non aktif dan di hentikan kejaminannya.

“Setelah di bayar baru kami akan aktifkan kembali, tapi dalam 45 hari kedepan apa bila ada rawat inap bisa terkena denda pelayanan, besarnya 2,5% dari biaya pelayanan yang dibayarkan, untuk pembayaran peserta bisa melalui Bank BNI, Bank BRI, Bank Mandiri atau Kantor Pos,” ujar Kacab Bbjs Biak.

Sementara itu Rosalina Lali, salah satu mama yang berjualan di pasar Darfuar mengungkapkan bawah dirinya sering berobat di puskemas menggunakan kartu JKN.

“Pelayanannya sangat baik seperti biasanya kita berobat, kita bersyukur degan adanya kartu JKN, selain bermaafaat untuk diri kita dan keluarga tetapi juga untuk orang lain, jadi jangan lupa juga untuk membayar iurannya setiap bulan sebelum tanggal 10, semua demi kebaikan kita bersama,” pungkasnya. red

https://www.lensapapua.com/wp-content/uploads/2018/02/new-header.png

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>