Hasil Swab Test 59 Tenaga Kesehatan RSAL Biak, Negative Covid-19

 


Lensapapua, Biak – Antisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19), Sebanyak 59 orang tenaga kesehatan Rumah Sakit dr. Ghandy AT Lanal (RSAL) Biak, melakukan Swab Test yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor, Minggu malam (16/8/2020).

Kepala Rumah Sakit dr. Ghandi AT Lanal Biak Letkol Laut (K) dr. Syarif mustika harinurdi Sp.B M.Tr., menjelaskan bahwa pemeriksaan Swab nasofaring dan orofaring bagi tenaga kesehatan ini di fasilitasi oleh tim managemen RSAL Biak yang bekerjasama dengan Dinkes Biak Numfor.

“Tim manajemen memfasilitasi dan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Biak Numfor untuk pengambilan swab ini dan hasilnya dikirim ke Litbangkes Provinsi Papua di Jayapura,” katanya saat dikonfirmasi di Biak, Kamis (20/8/2020)

Letkol Laut (K) dr. Syarif juga mengatakan, tujuan pemeriksaan swab kepada tenaga kesehatan di Rumah Sakit dr. Ghandi AT Lanal ini guna mencegah resiko terpaparnya virus corona, mengingat saat ini telah dibukanya akses keluar masuk bagi pelaku perjalanan ke Kabupaten Biak Numfor.

“Dengan dibukanya Lockdown akses keluar masuk pelaku perjalanan intensitasnya tinggi sehingga tenaga medis dan anggota RS beresiko terpapar virus Corona, karena baik rumah sakit rujukan maupun bukan rujukan covid – 19, pasien tetap berobat ke rumah sakit, untuk mengantisipasi hal ini, maka kami berinisiatif untuk melaksanakan pemeriksaan swab bagi seluruh tenaga kesehatan di RSAL,” jelasnya

Lebih lanjut dikatakan bahwa, untuk pemeriksaan pasien di RSAL juga dilakukan dengan mengutamakan protokol pencegahan covid-19, namun untuk mengantisipasi adanya penyebaran covid-19 bagi setiap tenaga kesehatan yang ada maka pemeriksaan Swab tetap dilakukan.

“Setelah dilaksanakan pemeriksaan di Litbangkes Papua, maka hasil Swab 59 orang tenaga kesehatan dan anggota Rumah Sakit dr. R Gandhi AT Lanal Biak dinyatakan negatif covid – 19,” Pungkas Kepala RSAL Biak

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.