Harganas Ke – XXVII, Dp3akb Biak Gelar Pelayanan KB Serentak

Lensapapua, Biak – 1 Juta Akseptor secara nasional, dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVII, 29 Juni 2020, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3AKB) Kabupaten  Biak Numfor melaksanakan pelayanan KB serentak di 5 puskesmas, Senin (29/06/2020).

Dengan mengikuti protokol kesehatan pencegahan covid-19, sebanyak kurang lebih 18 orang petugas dan staff DP3AKB Biak Numfor tersebar di 5 puskesmas untuk langsung menginput data para peserta KB, 5 puskesmas tersebut diantaranya adalah Puskesmas Sumberker, Puskemas Parai, Puskesmas Yendidori, Puskesmas Ampubukor Swandiwe dan Puskesmas Biak Kota yang dipusatkan di Klinik KB Sorido.

Mewakili Kadis DP3AKB Biak Numfor, A. M. Dadang selaku Kepala Bidang KBKS DP3AKB Biak Numfor menjelaskan bahwa dalam rangka harganas ke XXVII tahun ini, Bkkbn Pusat menargetkan pelayanan 1 juta akseptor diseluruh Indonesia, untuk Provinsi Papua mendapatkan target 4300 akseptor, sementara untuk Kabupaten Biak, Numfor sendiri mendapat target 577 akseptor yang terdiri dari MOW/metode operasi wanita 9, metode Ayudi 7, implan 75, suntik 186, pil 293 dan kondom 7.

“Dari 5 titik tersebut seluruh teman-teman petugas lapangan ataupun yang bertugas di masing-masing puskesmas diberikan tanggung jawab untuk menginput semua data, mulai dari jam 8 pagi hari ini sampai dengan pukul 00 sebelum masuk tanggal 30 juni. Namun demikian, Sudah barang tentu pelayanan itu tidak bisa dilakukan hari ini serentak tetapi 4 hari sebelumnya dari Rabu kemarin kami sudah mulai melakukan pelayanan agar bisa mencapai target,” jelasnya.

Menurutnya, animo masyarakat Biak untuk pelayanan KB sangat tinggi sehingga bisa melebihi target yang telah ditentukan, terlebih khusus untuk peserta KB implan yang rata-rata paling banyak pesertanya.

“Mari kita membangun sumber daya manusia yang berkualitas menuju Indonesia maju, itu merupakan subtema yang diberikan oleh BKKBN Provinsi juga menjadi harapan kita bersama pada moment harganas kali ini, ujarnya kepada Wartawan saat di temui di Puskemas Sumberker.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lensapapua.com

FREE
VIEW