Female Cancer Foundation Gandeng TP-PKK Kabupaten Sorong Tangani Penyakit Kanker Serviks

banner 120x600
banner 468x60

Nancy Malak Karundeng, SE., Bersama tim yayasan FCF.

Lensapapua–   Ketua Tim Penggerak PKK (TP.PKK) Kabupaten Sorong, Ny. Nancy Malak Karudeng, SE., mengemukakan bahwa, kemarin (25/1) pihaknya menerima kunjungan dari negara Belanda yaitu, Female Cancer Foundation sebuah yayasan yang bergerak dibidang kesehatan secara khusus menangani penyakit Kanker mulut rahim atau Kanker Serviks, terang Nancy, Selasa (26/1)

banner 325x300

Kunjungan tersebut kata Nancy, dalam rangka membangun kerjasama dengan TP.PKK Kabupaten Sorong untuk mensosialisasikan secara dini pencegahan penyakit Kanker mulut rahim bagi kaum perempuan, khususnya didaerah ini, ujarnya.

Lanjut Nancy, Female Cancer Foundation yang diketuai oleh Alex Pieter bersama tim dari kesehatan pusat (Jakarta)  sangat perduli dengan masyarakat yang ada didaerah ini, sehingga rencana kerjasama tersebut untuk lebih memperluas wilayah kerja dari yayasan ini selain sudah membangun kerjasama juga dengan pemerintah Kota Sorong, terang Nancy.

Menurut Nancy, dalam kunjungan pihak  Female Cancer Foundation selain memperkenalkan diri, juga mengadakan survey kebeberapa tempat, kemudian mereka akan kembali untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam kerjasama nanti.

Mengapa  Female Cancer Foundation memilih PKK, karena menurut mereka yang memang didalam yayasan ini juga ada tim dokter, karena TP-PKK Kabupaten Sorong banyak melakukan kegiatan-kegiatan turun sampai kekampung-kampung dan distrik-distrik, sehingga ketika TP-PKK melakukan program kerja keperkampungan, bisa bersama-sama sejalan dengan program dari yayasan ini, jelas Nancy.

Oleh sebab itu kata Nancy, dirinya menyampaikan terimakasih kepada Yang Kuasa dan juga kepada pihak yayasan ini, karena sudah memberikan perhatian dan keperdulian terhadap masyarakat yang ada didaerah ini, khususnya  bagi kaum perempuan.

Disinggung mengenai bentuk kerjasama dimaksud, apakah pihak yayasan dalam memberikan pengobatan kepada pasien yang terindikasi mengidap penyakit Kanker Serviks, Nancy menjelaskan bahwa pihak yayasan belum membicarakan sampai kesana, tetapi pihak yayasan akan melatih dokter-dokter umum dan Bidan ataupun kepala Puskesmas untuk dikaderkan.

Untuk dapat melakukan pemeriksaan  gejala Kanker Serviks secara sederhana dengan menggunakan cairan Cuka, dan jika ditemukan ada pasien yang terindikasi menderita penyakit Kanker Serviks, maka kemudian pasien tersebut akan dirujuk ke dokter Spesialis Kandungan, karena kami juga disini turut didukung dokter-dokter Spesialis Kandungan, ungkap Nancy. Red

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.