Evaluasi, BPJS Kesehatan Sorong Pantau Peserta PRB Dan PROLANIS

Lensapapua,Program  Rujuk Balik (PRB) menjadi salah satu Program unggulan BPJS Kesehatan yang merupakan layanan kesehatan bagi penderita penyakit kronis dengan kondisi stabil dan masih memerlukan pengobatan atau asuhan keperawatan jangka panjang yang dilaksanakan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atas rekomendasi/rujukan dari Dokter Spesialis/Sub Spesialis yang merawat.

Sedangkan untuk Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) merupakan Program untuk meningkatkan pengetahuan peserta yang menderita penyakit kronis dalam upaya memulihkan penyakit dan mencegah timbulnya komplikasi penyakit kronis.

Dengan menjadi peserta prolanis status kesehatan pasien akan lebih terkontrol, peserta memperoleh buku pemantauan status kesehatan dan edukasi klub prolanis, serta dapat mengikuti senam sehat yang diadakan oleh FKTP terhadap peserta klub prolanis.

Sebagai salah satu upaya mengoptimalkan Program tersebut, BPJS Kesehatan Sorong memantau keaktifan peserta PRB dan Prolanis melalui Evaluasi Pelayanan PRB dan FKTP di FKTP dengan menggandeng Kepala Dinas Kesehatan Kota Sorong Hermanus Kalasuat, Rabu (16/10/2019).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Harbu Hakim menjelaskan, evaluasi pelayanan PRB dan Prolanis ini difokuskan pada keaktifan peserta PRB di FKTP tempat ia terdaftar sebagai wujud optimalisasinya implementasi Program tersebut.

“Harapannya dalam evaluasi ini, keaktifan peserta PRB di FKTP Kota Sorong dapat lebih meningkat lagi dari yang sebelumnya. Seperti yang kita ketahui bersama tujuan adanya PRB ini untuk mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup yang optimal sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit melalui pelayanan kesehatan yang komprehensif dan terintegrasi dengan pemanfaatan biaya yang efektif dan efisien,” tutur Harbu Hakim.

Pada kesempatan tersebut Harbu juga menyampaikan, untuk meningkatkan kepuasan peserta, khususnya pada aspek pelayanan kesehatan di FKTP, perlu dilakukan upaya peningkatan pelayanan di FKTP.

“Kami mengharapkan peran aktif oleh seluruh FKTP untuk membenahi dan meningkatkan pelayanannya untuk membantu kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat yang akan berdampak pada meningkatnya derajat kesehatan masyarakat,” tambah Harbu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sorong, Hermanus Kalasuat menyambut baik adanya pertemuan tersebut untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang ada di FKTP khususnya dalam mengoptimalkan keaktifan peserta.

“Dari pertemuan ini bisa kita evaluasi dan perbaiki kinerja pelayanan kami bersama untuk keberlangsungan PRB, Prolanis yang mana untuk Program JKN-KIS ini sendiri. Akan kami maksimalkan lagi PRB, Prolanis dan pelayanan di FKTP untuk kedepannya demi Program JKN-KIS yang lebih baik lagi,”ungkap Hermanus. ind/red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lensapapua.com

FREE
VIEW