Epik! Lebaran 1445 H, BPJS Kesehatan Kawal Masyarakat Saat Mudik

banner 120x600
banner 468x60

Lensapapua, Selama libur lebaran 8-15 April 2024, BPJS Kesehatan berkomitmen memudahkan peserta JKN dengan akses pelayanan kesehatan yang diperlukan, berdasarkan prinsip portabilitas.

Peserta di luar wilayah FKTP terdaftar dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain hingga 3 kali kunjungan dalam sebulan. BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan piket di kantor Cabang dan layanan non tatap muka melalui WhatsApp (PANDAWA).

banner 325x300

Kepala Kantor Cabang BPJS Kesehatan Sorong, Pupung Purnama dalam konferensi pers bersama Dinas Kesehatan Kota Sorong, Selasa (26/3/2024) menyatakan BPJS siap mengawal masyarakat yang sedang melaksanakan mudik lebaran di sejumlah titik strategis tujuan mudik.

“Selama libur lebaran, BPJS Kesehatan menyiapkan Posko Mudik dari tanggal 5 hingga 9 April 2024 di beberapa titik strategis. Posko tersebut menyediakan berbagai layanan kesehatan.” kata Pupung.

Peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri diimbau untuk rutin membayar iuran setiap bulan per tanggal 10. BPJS Kesehatan bekerja sama dengan lebih dari 960 ribu kanal pembayaran untuk mempermudah pembayaran iuran.

BPJS Kesehatan telah menerapkan janji layanan JKN di fasilitas kesehatan, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam rangka Transformasi Mutu Layanan.

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Pupung Purnama saat menggelar konferensi pers bersama Kepala Dinas Kesehatan Kota Sorong, hermanus Kalasuat.
Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Pupung Purnama saat menggelar konferensi pers bersama Kepala Dinas Kesehatan Kota Sorong, hermanus Kalasuat.

Dengan janji layanan JKN, peserta JKN dapat merasakan kemudahan dalam mengakses layanan JKN, cukup dengan menunjukkan NIK pada KTP untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan, tanpa memerlukan fotokopi berkas.

Peserta JKN dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165 untuk mencari informasi fasilitas terdekat. Fitur i-Care JKN mempermudah dokter di fasilitas kesehatan mengakses riwayat medis peserta JKN dalam 12 bulan terakhir. Peserta JKN juga dapat mengakses melalui Aplikasi Mobile JKN.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sorong, Hermanus Kalasuat mengungkapkan dalam mengantisipasi libur lebaran mulai tanggal 8 sampai dengan 15 April 2024, pihaknya telah berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan untuk tetap memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta JKN baik di Puskesmas maupun untuk kegawat daruratan di rumah sakit.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami akan mengatur shift harian untuk para petugas medis di Puskesmas dan di rumah sakit (RS). Jam pelayanan normal di Puskesmas akan mengalami penyesuaian, dimana mulai dibuka dari Pukul 09.00 sampai dengan Pukul 12.00 WIT. Sedangkan untuk kasus persalinan akan tetap standby 24 jam,” ungkap Hermanus.

Pupung mengimbau bagi yang melakukan perjalanan mudik untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan makanan bergizi seimbang, kurangi makanan tinggi gula, perbanyak asupan air putih, istirahat cukup, dan usahakan tetap berolahraga ringan.

“Jangan lupa juga untuk selalu memastikan bahwa kepesertaan JKN kita semua aktif, sehingga saat hendak mengakses layanan di fasilitas kesehatan tidak terkendala,” pungkas Pupung. red

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.