BPJS Kesehatan Biak Turun Kampung Sosialisasikan JKN-KIS

Lensapapua, Biak – BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor gandeng komunitas sepeda Biak Gowes Club dalam mensosialisasikan JKN – KIS bagi peserta penerima bantuan iuran (PBI) di kampung Opiaref Distrik Orderik Biak, dihadiri Deputi direksi wilayah Papua dan Papua Barat C. Falah Rakhmatiana dan Aktuaris BPJS Kesehatan Kantor Pusat Ocke Kurniadi, Kamis (11/7/2019).

Kegiatan ini diramaikan dengan para pencinta olahraga sepeda di Biak yang melakukan perjalanan dengan titik start dihalaman kantor Cabang BPJS Kesehatan Biak menuju tempat sosialisasi di Kampung Opiaref selama hampir 2 jam perjalanan menggunakan sepeda.

Deputi direksi wilayah Papua dan Papua Barat mengatakan BPJS turun kampung ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap perlunya memiliki kartu JKN – KIS, meningkatkan pengetahuan peserta terhadap prosedur hak dan kewajiban yang harus di lakukan untuk mendapat manfaat dan meningkatkan pemahaman peserta tentang pentingnya melakukan perilaku hidup sehat.

“Jadi dengan kita menjaga kesehatan, maka selain menjaga diri sendiri berarti kita juga menjaga orang lain, karena pada saat kita sehat maka akan menolong orang lain yang sakit, kan gotong royong yang sehat membantu yang sakit,” Ujarnya.

Dengan adanya kegiatan BPJS turun kampung ini diharapkan bisa meningkatkan validitas data peserta melalui proses pembaharuan data, karena banyak data-data dari peserta PBI APBN yang Nomor Induk Kependudukan (NIK) tidak lengkap

“Pada kesempatan ini yang tidak lengkap NIK nya, mereka datang bawa KTP, kita perbaharui agar tidak menemukan kendala pada saat yang bersangkutan itu berobat di rumah sakit,” Jelasnya.

Selain itu dihadirkan juga dari pihak puskesmas setempat untuk meningkatkan dukungan fasilitas kesehatan tingkat pertama dalam memberikan layanan sehingga peserta tidak sulit dan mudah saat berobat.

Menurut Falah yang sampai saat ini menjadi kendala pada program JKN – KIS adalah pada data-data yang kurang valid di mana masih banyak penduduk yang belum punya NIK, Sedangkan NIK menjadi prasyarat mutlak di BPJS, kendala lainnya adalah pada aksesiblitas, yang di mana di sini peserta mungkin mendapatkan faskes yang jauh dari rumah tetapi biasanya pihak puskesmas memberikan semacam kunjungan rumah untuk meningkatkan perilaku hidup sehat ataupun untuk mengobati.

Dikatakan kegiatan seperti ini juga dilaksanakan selain meningkatkan pemahaman masyarakat juga dalam rangka memperingati hari ulang tahun BPJS pada tanggal 15 Juli, dilaksanakan serentak di seluruh kedeputian wilayah, untuk kedeputian wilayah Papua dan Papua Barat diwakili di Kantor cabang Biak.

Intinya BPJS Kesehatan mempermudah kepengurusan kartu dengan turun ke kecamatan, distrik hingga ke kampung-kampung dan ke puskesmas, selain itu ada mobil customer service yang setiap hari jalan di situ bisa diurus daftar baru atau merubah data dan juga melayani apabila ada kelurahan atau pengaduan

“Kami akan selalu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan bekerja sama dengan rumah sakit, puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya,” Pungkasnya.(red/rin)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.