BPJS Kesehatan Biak Sosialisasikan Manfaat JKN-KIS Untuk Karyawan Swasta

Lensapapua, Sebagai Badan Hukum Publik yang bertugas mengelola Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS), BPJS Kesehatan senantiasa aktif melakukan strategi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terutama yang termasuk pada kategori Pekerja Penerima Upah (PPU) swasta mengenai Program JKN-KIS.

Salah satu strategi tersebut adalah melakukan sosialisasi JKN-KIS. Dan kali ini, BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor melakukan sosialisasi Program JKN-KIS di PT Maju Makmur Grup, Jumat (08/03/2019).

PT.Maju Makmur Grup merupakan salah satu badan usaha besar yang terdaftar di BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor. Karyawannya tercatat sebanyak kurang lebih 500 orang peserta. Maju Makmur sendiri merupakan sebuah Group perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha distributor, retail, hotel, alat kesehatan, property, dan kontraktor.

“Sosialisasi Program JKN-KIS ini adalah bentuk komitmen kami untuk meningkatkan pemahaman pegawai yang masuk pada kategori PPU Swasta mengenai Program JKN-KIS. Salah satu prinsip dari Program JKN-KIS ini adalah sosial dan gotong royong, konsep bagaimana kita menularkan kebaikan kepada sesama. Dengan sosialisasi ini, diharapkan pegawai PT Maju Makmur Grup memahami berbagai kebijakan dan cara pemanfaatan kartu JKN-KIS,” ungkap Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Biak, Hardi Ariawan.

Hardi menambahkan, apabila ada pasangan suami istri yang masing-masing merupakan pekerja, maka keduanya wajib didaftarkan sebagai peserta JKN-KIS segmen PPU oleh masing-masing pemberi kerja, baik pemerintah ataupun swasta. Keduanya juga harus membayar iuran sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Suami dan istri tersebut berhak memilih kelas perawatan tertinggi. Selain itu, pada sosialisasi ini juga disampaikan pula peraturan terbaru terkait pendaftaran bayi lahir bagi peserta JKN-KIS yang wajib didaftarkan maksimal 28 hari sejak dilahirkan.

Ditemui seusai acara, J.D. Kristianto selaku perwakilan bagian Sumber Daya Manusia (SDM) salah satu anak perusahaan dari PT.Maju Makmur Grup mengatakan sosiliasi yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor ini sangat bermanfaat. Ia juga mengharapkan dengan adanya sosialisasi ini, seluruh karyawan PT Maju Makmur Grup menjadi semakin paham tentang Program JKN-KIS dan tahu hak dan kewajibannya.

“Sosialisasi hari ini sangat jelas dan sangat bermanfaat, bukan hanya untuk kepentingan perusahaan saja, namun untuk kepentingan karyawan juga. Karena selama ini ketidaktahuan daripada produk-produk dan kebijakan-kebijakan yang ada didalam BPJS Kesehatan itu sendiri, dan hari ini kami mendapatkan infromasi yang cukup jelas,” tutup Kristianto. red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.