BERKAT MOBILE JKN, SEMUA PENGURUSAN BPJS KESEHATAN JADI LEBIH PRAKTIS

Lensapapua, Biak Numfor – Mobile JKN merupakan aplikasi yang hadir untuk membantu peserta JKN-KIS dalam mendapatkan informasi ataupun mengurus administrasi kepesertaannya. Praktis, itulah kata pertama yang diucapkan oleh Sarah (40), seorang pegawai BUMN di salah satu Bank di Kota Biak, ketika menceritakan pengalamannya menggunakan aplikasi Mobile JKN dari BPJS Kesehatan. Sebagai seorang Pekerja, Sarah mengaku dengan adanya aplikasi Mobile JKN turut mendukung Program JKN-KIS karena dirasa sangat bermanfaat bagi kalangan pekerja seperti dirinya yang sering dinas diluar Kota.

“Saya biasanya dinas luar kota dan lupa membawa kartu-kartu, tidak seperti handphone yang selalu saya bawa kemana pun. Saya merasa terbantu sekali dengan adanya aplikasi Mobile JKN ini karena saya tidak perlu membawa kartu JKN-KIS kemana-mana. Sudah ada fitur kartu peserta KIS digital di aplikasi ini, jadi tidak perlu khawatir kalau kartunya ketinggalan,” ujar Sarah sambil menunjukkan KIS digital dari ponselnya, Senin (26/08).

Sarah menjelaskan, aplikasi Mobile JKN yang diluncurkan BPJS Kesehatan terbilang sangat mudah, tidak sulit untuk peserta JKN-KIS menggunakan Mobile JKN. Hanya dengan mendaftarkan diri dengan cara memasukan nomor kartu JKN-KIS, NIK, tanggal lahir, nama ibu, email dan nomor dengan proses verifikasi hanya melaui nomor handphone saja.

“Dengan adanya Mobile JKN harapan saya masyarakat lebih paham tentang pentingnya menjadi peserta JKN-KIS selain pengurusan administrasi yang tidak berbelit-belit dan praktis. Menu dan fitur yang disediakan pun begitu mudah dan sangat membantu,” ucap Sarah.

Sarah juga menambahkan bahwa aplikasi Mobile JKN juga memiliki fitur-fitur lain yang sangat bermanfaat diantaranya fitur ubah faskes dan KIS digital. Peserta saat ini bisa langsung merubah FKTP yang diinginkannya tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan. Selain itu, fitur KIS digital menjadi solusi apabila sewaktu-waktu peserta memerlukan kartu KIS saat akan mengakses fasilitas kesehatan namun lupa membawa kartunya. Seluruh manfaat tersebut bisa didapatkan hanya dengan mengunduh aplikasi Mobile JKN melalui Google Play atau App Store.

“Aplikasi Mobile JKN ini merupakan aplikasi yang baik dan sangat bermanfaat, hal yang baik tentunya harus disebarluaskan. Oleh karena itu, selanjutnya saya akan mengajak seluruh tim kerja saya di tempat kerja agar segera mengunduh aplikasi Mobile JKN dan meregistrasikan KIS miliknya agar dapat merasakan manfaat aplikasi tersebut,” ujarnya

Diakhir percakapan Ia juga mengatakan, Program JKN-KIS telah memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia. Hal ini pun disadari Sarah yang bahkan belum pernah memanfaatkan secara langsung program ini.

“Kalau bagi saya sebenarnya dengan program JKN-KIS, bisa menjadi ladang kita untuk beramal kepada sesama.Tidak seberapa, mungkin hanya sekian rupiah yang kita keluarkan setiap bulan, kalau kita sehat berarti kan manfaat bisa dirasakan oleh masyarakat yang lain yang lebih membutuhkan untuk pengobatan. Makanya, walau sudah punya, saya dan keluarga maunya sehat terus, jadi tidak perlu pake kartu ini. Biar bisa lebih berguna buat yang membutuhkan,”tutupnya.(red/rin)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.