Aplikasi (P-Care) Vaksinasi Covid-19 dari BPJS Kesehatan Dukung Program Pemerintah 

Lensapapua,Biak – Kegiatan vaksinasi Covid-19 tahap pertama bagi tenaga kesehatan di Biak Numfor sudah hampir selesai, baik pada pemberian dosis pertama dan dosis kedua. Salah satu tenaga kesehatan yang telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 secara lengkap adalah Bidan Priska Tambunan (43) yang saat ini bertugas di Puskesmas Parai. Saat dijumpai tim Jamkesnews, Senin (22/02), Tambunan pun menceritakan pengalamannya.

“Vaksinasi Covid-19 dosis pertama, saya terima pada tanggal 2 Februari 2021 di Kantor Dinas Kesehatan Biak Numfor dan dosis kedua tanggal 17 Februari 2021 kemarin. Sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19, para tenaga kesehatan diberikan kesempatan pertama untuk menerima vaksin, termasuk saya. Setelah mendengar informasi tersebut, awalnya saya agak cemas dan sedikit khawatir soal efektivitas dan keamanan,” ungkap Tambunan.

Menanggulangi rasa cemasnya, Tambunan mengaku banyak menggali informasi seputar vaksin Covid-19. Menurutnya, masyarakat hendaknya tidak menerima informasi dari mana saja secara mentah tanpa memperhatikan sumber informasi yang diterima.

“Saking mudahnya kita mendapatkan informasi, terkadang kita tanpa sadar terperdaya akan infomasi-infomasi keliru yang beredar, atau hoax. Sehingga menurutnya sumber dari informasi sangatlah penting untuk di-crosscheck kembali. Setelah saya melewati sendir, saya percaya vaksinasi Covid-19 ini bisa dikatakan aman, apalagi ada alur tahapan yang cukup panjang dan memang benar-benar sudah diperhitungkan kondisi si penerima vaksin dan reaksi setelah menerima vaksin,” jelasnya lebih lanjut.

Ia juga menambahkan, Aplikasi Primary Care (P-Care) Vaksinasi Covid-19 dari BPJS Kesehatan mempermudah pengelolaan administrasi program vaksinasi Covid-19. Dan menurutnya, ini membuktikan BPJS Kesehatan mampu dan siap untuk mendukung program pemerintah di masa pandemi.

“Khusus untuk pendaftaran dan proses administrasi sudah digitalisasi menggunakan aplikasi P-Care Vaksinasi Covid-19 yang sudah disempurnakan,” tambahnya.

Kepala BPJS Kesehatan Biak Numfor, Budi Sukwara juga menyampaikan, kegiatan vaksinasi Covid-19 yang telah berjalan, diharapkan bisa mendapatkan kepercayaan masyarakat luas untuk tidak khawatir divaksinasi sebab vaksin Covid-19 bersifat aman dan halal.

“Kami pihak BPJS Kesehatan Biak Numfor akan selalu siap dan berupaya maksimal demi mendukung harapan bangsa termasuk dengan ikut melibatkan diri maupun berpartisipasi dalam menyukseskan program ini, salah satunya dengan memberikan dukungan dengan adanya aplikasi P-Care Vaksinasi Covid-19. Aplikasi ini tentu membantu tenaga administrasi yang bertugas untuk memasukkan data peserta penerima vaksin,” ujar Budi .

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.