Sesuai Dengan Misinya, Aimas Sebagai Kota Agropolitan

Lensapapua – Ketua Bappeda Sorong melalui Kabid Fisik dan Prasarana Semual Saida, ST, M.Si mengatakan,sesuai dengan misinya Kota Aimas sebagai kota Agropolitan atau kota yang berwawasan lingkungan hijau.

Bahkan di tengah-tengah kota kita akan menata secara khusus berbagai tanaman multifungsi dari berbagai jenis buah-buahan.” Kami tidak mau lokasi pertanian ini sesuai dengan sonasi tata ruang kota bisa habis untuk pemukiman.”

Tapi di lahan pertanian ini tetap kita lindungi sebagai kawasan fungsi pertanian, bahkan kemarin dari Bagian Hukum Setda sudah melakukan sosialisasi tentang UU Pertanian agar masyarakat bisa mengetahuinya berbagai perkembangan pembangunan baik yang telah dan akan dilaksanakan nanti.

Jadi sesuai dengan sonasi tata ruang kota di Aimas ini sebagiannya sebagai kawasan pertanian, dan sebagian lainnya sebagai kawasan pemukiman. Sedangkan batas pengembangan pusat pemerintahan berada pada radius 10 kilometer ke arah Distrik Mayamuk, 10 kilometer ke arah Kelurahan Mariat Gunung, dan 10 kilometernya lagi  ke kawasan tanah adat maupun ke arah perbatasan Kota Sorong.

Sesuai dengan petunjuk bupati melalui atasan kami, bahwa di kawasan Jalan Intim Pura ini akan dibangun Kantor Kejaksaan, Pengadilan Negeri, juga akan dibangun Universitas Nani Bili Nusantara, juga akan dibangun perumahan kapolres bersama jajaran perwira maupun pembangunan rumah dinas bagi PNS golongan I dan II, serta pengembangan pembangunan lainnya,  jelas Saida. (rim/Red)

Exit mobile version