banner 728x250

Peternak Ayam Buras Di Kabupaten Sorong Kurang Peroleh Pelatihan

banner 120x600
banner 468x60

Drh.James Sihombing

Lensapapua – Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Sorong melalui Kabid Peternakan,  drh James Sihombing mengatakan dari hasil survei di  lapangan, bahkan kita sudah melakukan penyuluhan kepada sejumlah peternak ayam buras, khususnya bagi masyarakat asli Papua yang ada di berbagai kampung  memang kendala yang mereka hadapi  kurangnya mereka memperoleh pelatihan, ujarnya di Aimas, Selasa (23/9).

banner 325x300

Dengan adanya pelatihan seperti ini, diharapkan petani ternak  masyarakat asli Papua yang ada di daerah ini bisa meningkatkan bagimana mereka bisa beternak dengan baik dalam rangka meningkatan pendapatannya.

Ketika ditanya kendala atau penyakit ayam yang sering dikeluhkan, yakni penyakit MDS yang disebabkan virus. Ayam yang kita berikan ke masyarakat diawali dengan pemberian vaksin dengan jangka waktu 3 bulan kemudian  dikasih vaksin lagi.

Jadi apabila masyarakat yang ayamnya sakit, maka petugas lapangan kita yang akan langsung mengangani permasalahan tersebut. Bagaimana upaya agar ayam piaraan kita itu tetap sehat, setidaknya harus ada tempat lindung (kandang), harus diberi makan pagi dan sore hari. Jika hal itu kita lakukan dengan baik maka saya optimis ayam piaraan itu akan bebas dari marak penyakit, jelas James.

Sementara itu di tempat yang sama. Ny Ineke Kilanob peternak dari Distrik Makbon kepada media ini mengatakan, sebagai ibu rumah tangga asli Papua melalui kegiatan pemberdayaan peternakan ayam buras ini, kami sangat berterima kasih kepada pemerintah dimana  dengan adanya bantuan ternak ayam buras ini merupakan satu langkah positif untuk memberdayakan ekonomi masyarakat, khususnya bagi kami orang asli Papua dalam meningkatkan ekonomi keluarga.

Ia mengaku, dengan adanya perhatian seperti ini, tentu sebagai warga masyarakat merasa sudah merupakan suatu bentuk perhatian agar kami masyarakat asli Papua bisa maju dan berkembang bersama saudara-saudara kami yang lainnya, tuturnya. (rim/Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.