banner 728x250

Pemberian Bantuan Kredit Usaha Perbankan Jangan Pilih Kasih

banner 120x600
banner 468x60

Soleman Imbiri, SP.M,Si. peneliti Unipa.

Lensapapua– Sesuai dengan hasil analisis dari Unipa 95-98 persen sudah memenuhi kriteria komoditas produk jenis usaha unggulan yang ada di Papua Barat, karena hanya ada 1 atau 2 komoditi yang dinilai masyarakat memiliki akses menjadi komoditi unggulan, tetapi setelah diverifikasi dari sisi pengelolaan ternyata tidak masuk dalam jenis usaha unggulan, kata Soleman Imbiri, SP.M,Si. salah satu tim peneliti dari Unipa Manokwari.

banner 325x300

Sesuai data sektoral ada 15 komoditas  unggulan dari masing-masing sektoral baik dari sisi pengembangan maupun dari sisi pemberdayaannya, seperti Kelapa Sawit, Sapi potong, Sagu dan lain sebagainya, oleh karena itu jika ditinjau dari sisi kriteria yang dapat menciptakan lapangan kerja, persaingan produk, jangkauan pasar, ketersediaan bahan baku serta dapat memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi, maka Kelapa Sawit secara makro signifikan masuk dalam kategori jenis usaha unggulan, kata Imbiri.

Oleh sebab itu diharapkan dari hasil kajian ini bisa menjadi satu dokumen dan rekomendasi  penting, diharapkan juga adanya sinergitas dalam pemanfaatan sumber daya alam dalam tujuan pengembangan usaha mikro kecil dan menegah (UMKM), karena apa yang telah kita lakukan hari ini yang dipasilitasi oleh pihak Bank Indonesia (BI) merupakan satu langkah yang sangat luar biasa, ujar Imbiri.

Seperti yang disampaikan oleh pihak BI bahwa salah satu fungsi BI adalah sebagai Advisor bagi pemerintah untuk membantu dalam pengembangan UMKM  yang telah melalui penelitian dan kegiatan pelatihan, dan tentunya hal ini sangat bermanfaat juga bagi pihak Perbankan, sehingga ketika memberikan kredit pihak Perbankan sudah memahami mana komoditi-komoditi yang potensial yang harus dibantu dan dikembangkan.

Tetapi dari sisi skema-skema sistim pemberian kredit harus dilihat kembali, jangan ada perbedaan antara pengusaha besar dan petani pengusaha kecil, sehingga tidak sekedar menjustifikasi, diharapkan hal ini bisa menjadi satu bahan evaluasi bagi Perbankan kedepan, pungkas Imbiri. (Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.