Pandangan Masyarakat Terhadap Kepariwisataan “Kurang Memberi Manfaat”

IMG-20140825-01189 - Copy

Lensapapua–  Kepala dinas Kebudayaan Pariwisata pemuda dan Olahraga Kabupaten Sorong, Drs.Yoseph Salosa,M,Si. Mengakui bahwa masyarakat didaerah ini memandang kepariwisataan masih kurang bermanfaat.Katanya dalam pertemuan yang dilaksanakan oleh Pemkab Sorong bersama tim Konsultan PT.Pillar Nugraha.Diruang Pola. Senin 25/8.

Jika pemerintah daerah tidak bisa membuka mata untuk melihat,memikirkan cara-cara bagaimana untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita,Maka semakin lama PAD Kabupaten Sorong akan semakin menurun. Apalagi untuk tahun 2014 ini dinas Pariwisata berada pada urutan ke-3 pemberi PAD bagi daerah,Yang hanya bisa sumbangkan kurang lebih Rp 2 Milyar meskipun hanya mengelola 1 Item yakni Hotel Batanta. Tegas Yoseph.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa PAD kita saat ini sudah menurun karena hanya mengharapkan dari Minyak dan Gas (Migas) saja,yang pada suatu saat nanti juga  tentu akan semakin berkurang dan habis.Bebernya.

Oleh sebab itu kami sangat berharap dari Dinas Pekerjaan Umum (PU), Bappeda untuk bagaimana dapat memfasilitasi sarana dan prasarana bagi kami dinas Pariwisata.Sesuai dengan draf AD/RT yang sudah kami sampaikan untuk pembahasan anggaran.Ujarnya.

Diakuinya sebagai Kabupaten Induk, Kabupaten Sorong dari sisi kepariwisataan baru mulai berbenah alias mulai dari bawah, itu pun setelah dirinya duduk pada dinas Pariwisata pemuda dan olahraga, Ia mencoba untuk berkoordinasi kepada Kementerian Pariwisata bidang Ekonomi kreatif,dan hasilnya Kementerian bisa membantu apa bila kita didaerah sudah menyusun program kerja kepariwisataan. Bebernya.

Drs.Yoseph Solosa,M,Si.Kadis Pariwisata.

Olehnya itu,Saya himbau kepada semua dinas terkait untuk kiranya dapat kita saling membantu menggerakkan,bangkitkan Pariwisata yang ada didaerah kita ini, Apalagi saat ini kami sedang membangun gedung Turis National Center (TNC).Dengan harapan melalui TNC ini kita dapat mempromosikan semua objek-objek wisata yang ada didaerah kita ini,baik itu wisata Bahari maupun Budaya Seni.Harapnya.

Ditambahkannya, jika kita mencoba membuka ruang pada objek-objek wisata yang ada dilingkungan masyarakat, baik itu Seni dan Budaya maupun Pariwisata tersebut dan bisa berkembang,maka masyarakat akan bisa mencari uang dari hal ini, dan masyarakat tidak akan datang lagi mengajukan berbagai Proposal ke pemerintah daerah.

Dengan demikian, Saya berharap kepada semua pihak terkait untuk dapat sama-sama memikirkan bagaimana pengembangan Pariwisata didaerah kita ini,demi meningkatkan PAD kita di Kabupaten Sorong ini. Pungkas Yoseph. (Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.