Masyarakat Kelompok Petani Bangun Rejo Sampaikan Apresiasi Kepada Pemda Kabupaten Sorong Atas Dibangunnya Embung Penunjang Pertanian Sawah.

Lensapapua–  Perhatian pemerintah dalam menunjang peningkatan produksi pertanian di kabupaten sorong selama ini telah dilakukan secara berkelanjutan, dimana pemerintah juga memaksimalkan dukungan baik berupa penyediaan bibit, pupuk dan obat penghilang hama, juga sarana penunjang pertanian lainnya seperti embung yang dapat dipergunakan mengairi persawahan.

Dikatakan Ketua Kelompok Tani Tirto Arum, Rusmanto, dengan dibangunnya sarana embung, telah mempermudah petani dalam mengolah lahan pertanian sawah, dimana embung telah dibangun tahun 2016, ditunjang dengan jaringan pipa dan pompa untuk kelompok tani bangun rejo, selain embung juga dibangun untuk kelompok tani harapan jaya, dengan luas 2.000 meter persegi, bahkan untuk tahun 2017 kelompok tani maju lestari akan segera mendapat bantuan embung dari Dirjen PSP.

“Kami sampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah dan juga kementrian pusat yang telah membantu dibangunnya embung, mengingat embung ini sangat dibutuhkan untuk mengairi sawah, kami perharap agar pemerintah tetap memperhatikan guna meningkatkan hasil pertanian” kata Rusmanto disela-sela panen padi organik di SP 4 kelurahan Makbalim distrik Mayamuk Kabupaten Sorong.

Sementara itu, Kepala bidang Produksi Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Sorong, Johny Penda, megatakan, perhatian pemerintah bagi dunia pertanian terus diperhatikan, dengan tujuan sebagai upaya dalam mendukung penguatan ketahanan pangan, dimana pemerintah pusat telah merancang program penguatan ketahanan pangan, sehingga kedepan tidak lagi mengimpor beras dari negara tetangga.

“Kita punya kebutuhan konsumsi beras sangat besar, oleh karenanya dari kementrian pertanian dan dinas tanaman pangan dan hortikultura kabupaten sorong mempunyai perhatian kepada petaani agar kedepan dapat mendukung program swasembada pangan sehingga kita tidak lagi mengimpor beras dari negara sebelah, apalagi potensi pertanian kita yang sangat luas dan melimpah pasti dapat mendukungg swasembada beras dalam negri” kata Johny Penda dihadapan puluhan petani dari 3 kelompok tani.

Untuk daerah SP IV, kelurahan Makbalim distrik mayamuk, tahun ini mendapat bantuan 3 lokasi embung yang akan dimanfaatkan mengairi 60 hektare sawah, direncanakan juga tahun 2017 akan ada bantuan unit pengolah pupuk organik (UPPO) untuk meningkatkan kualitas hasil pertanian. (yud/red)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.