JKN-KIS Kartunya Kecil Manfaatnya Besar

 

Lensapapua, Biak-   Bagi orang tua, melihat anak tumbuh sehat dan ceria adalah sebuah anugerah. Ketika anak jatuh sakit tentu rasa takut dan khawatir itu kian bermunculan. Orang tua mana di dunia ini yang tidak panik ketika buah hatinya jatuh sakit? Hal tersebut dirasakan oleh Dewi Anggraini (seorang ibu rumah tangga, 24 Tahun).

 

Ditemui saat sedang menunggu pemanggilan nomor antrian di loket Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wamena, Jumat (25/04), Dewi bercerita bagaimana awal anaknya jatuh sakit. Udara yang dingin membuat anaknya batuk pilek. Batuk tersebut kemudian mengganggu tidur anaknya hingga demam.

 

Dengan menggunakan kartu JKN-KIS tanggungan suaminya yang merupakan anggota Kepolisian, Dewi lalu membawa anaknya berobat ke Klinik Poli Polres dan dirujuk ke dokter spesialis anak di RSUD Wamena.

“Namanya Afia umurnya 1 tahun 3 bulan. Anak saya batuk sudah 1 minggu tapi 2 hari yang lalu dahaknya semakin banyak sampai mengganggu tidurnya,”ucap Dewi.

 

Dewi yakin, bila ia menjadi pasien swasta pasti akan membayar mahal apalagi untuk obat-obatan anak. Selain putrinya, Dewi juga mengaku bahwa dirinya telah menggunakan kartu JKN-KIS beberapa kali termasuk saat ia bersalin dimana dijamin penuh oleh BPJS Kesehatan melalui Program JKN-KIS.

 

“Biasanya kalau melahirkan membutuhkan uang banyak mungkin sampai berjuta-juta, Alhamdulillah saat saya lahiran Afia, persalinan saya juga ditanggung penuh,” ucapnya.

 

Sebelum ia menikah, ia sama sekali belum memiliki kepesertaan JKN-KIS. Bila sakit, ia mengeluarkan uang untuk membayar secara swasta dan biaya tersebut tidak sedikit. Ketika ia menikah, ia dan anaknya mendapatkan tanggungan kesehatan dari suaminya yang merupakan anggota kepoliisan.

 

Hal itu membuatnya tenang, bila salah satu anggota keluarganya jatuh sakit, mereka sudah memiliki jaminan kesehatan yang dapat langsung digunakan kapan saja dan di mana saja, Kartu JKN-KIS merupakan kartu paket komplit tanpa iur biaya yang diberikan pemerintah kepada masyarakat Indonesia diantaranya dirasakan langsung oleh dirinya.

 

Ia menambahkan manfaat JKN-KIS ini sangat ia rasakan, berobat semua dijamin sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya. Saat ini ia berharap agar putri semata wayangnya dapat sembuh total, dapat ceria dan aktif kembali.

 

“Sangat berterimakasih sekali buat pemerintah yang sudah mengeluarkan program ini, karena sudah banyak bantu masyarakat termasuk keluarga saya. Kartu ini kecil tapi manfaatnya besar,” tutup Dewi. (Rin/red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.