JKN-KIS Jamin Pembiayaan Operasi Kaki Saya Sehingga Dapat Berjalan Kembali

Lensapapua –“Program JKN-KIS ini merupakan Program yang luar biasa, kami masyarakat indonesia yang membutuhkan manfaatnya dilayani dan dijamin tanpa diskriminasi dari segmen manapun.

 

Kalau tidak ada Kartu JKN-KIS ini, saya mungkin tidak akan bisa merasakan namanya berjalan lagi,” ungkap Sri Lince yang merupakan salah satu Peserta Program JKN-KIS dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN.

 

Ia yang ditemui di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sorong saat ingin mencetak kartunya yang hilang, diajak berbincang-bincang oleh tim jamkesnews sambil menceritakan pengalamannya dalam menggunakan Kartu JKN-KIS.

 

“Tahun 2017 yang lalu, saya dan bapak (sang suami) mengalami kecelakaan motor. Kaki saya kebetulan terjepit diantara sela-sela pelek ban motor.

 

Dilarikanlah saya ke Puskesmas Malawei untuk ditangani, ternyata harus dirujuk ke Rumah Sakit Umum karena kaki saya perlu penanganan lebih lanjut.

 

Sempat mau dirujuk ke Rumah Sakit di Solo, tapi kami tidak punya uang untuk biaya makan disana walaupun kami yakin biaya perawatannya akan dijamin BPJS Kesehatan.

 

Jadi saya percayakan kaki saya ke dokter di Rumah Sakit Umum Sorong ini,” cerita Lince.

 

Lince sapaanny selama 2 tahun sudah menjalani perawatan penyembuhan kakinya tersebut mengaku bahwa telah menjalani berbagai macam operasi smapai 4 kali.

 

Mulai dari pembersihan luka didalamnya sampai pencangkokan daging dari paha untuk di transfer ke bagian yang pernah luka.

 

“Saya 4 kali operasi, tapi Puji Tuhan selama perawatan tersebut tidak ada mengeluarkan biaya sedikitpun. Dari kejadian kecelakaan itu, saya sudah tidak bisa bekerja untuk mencari uang lagi, suami sudah tidak bekerja juga, biaya hidup kami sudah sangat pas-pasan.

 

Memikirkan itu, mau dapat dari mana biaya pengobatan sampai kaki saya sembuh selama ini, semuanya berkat Program JKN-KIS ini, kalau tidak ada mungkin saya sudah tidak bisa berjalan lagi untuk selamanya,” kata Lince.

 

Walaupun sudah menjalani operasi sampai 4 kali, Lince mengaku mendapat pelayanan yang sangat baik dari pihak Rumah Sakit. Ia mengaku tidak mengalami kendala dalam mengurus dan petugas Rumah Sakit tidak membeda-bedakan pasien yang dijamin dan pasien umum.

 

Ia berharap agar kedepannya Program JKN-KIS ini akan selalu ada kedepannya untuk membantu masyarakat Indonesia. (Red-TR/ws)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.