Bupati Biak Numfor Resmikan Rumah Bantuan Dana Desa Kampung Karyendi

Lensapapua–   Kepala Kampung tKaryendi Distrik Biak kota Kabupaten Biak Numfor, Simon Ronsumbre mengalokasikan dana desa anggaran tahun 2018 sebesar Rp 120.000.000 untuk membangun rumah bantuan layak huni kepada warganya yang kurang mampu atas nama keluarga Bapak Alex Ronsumbre.

 

Rumah bantuan ini di resmikan langsung oleh Bupati Kabupaten Biak Numfor Herry Ario Naap di dampingi Ketua DPRD kabupaten Biak Numfor Zeth Sandy, Senin (25/3/2019).

 

Herry Naap sebelum meresmikan rumah bantuan ini menyampaikan apresiasi atas apa yang telah dilakukan kepala kampung Karyendi yang bisa membangun rumah layak huni ukuran 6×8 dengan dana desa sebesar Rp.120.000.000.

 

“Sesuatu yang luar biasa telah dilakukan kepala kampung di sini dan saya yakin kepada Kampung lainnya juga melakukan beberapa arah kebijakan dalam penggunaan dana desa di masing-masing kampung yang ada untuk menopang kesejahteraan bagi masyarakat,” Ujarnya.

 

Dengan penggunaan dana desa sebesar 120 juta ini yang bisa membangun rumah ukuran 6×8 dengan fasilitas 3 kamar,1 Ruang tamu, dapur dan Toilet, Bupati menilai ini menjadi hal penting untuk menjadi bahan evaluasi di dinas perumahan yang hampir menghabiskan 250 juta per 1 unit rumah saja.

 

“Dengan 120 juta saja bisa membangun rumah dengan fasilitas lengkap artinya bisa dievaluasi kembali kalau program pembangunan Perumahan Rakyat yang ada di dinas Perumahan kalau bisa diswakelolakan kepada kepala kampung dan masyarakat yang akan tinggal,” tutur Herry.

 

Menurut Bupati jika dana dari dinas perumahan sebesar 250 juta itu di swakelola kepala kampung dan rakyat maka bisa menjadi dua rumah dengan begitu mungkin bisa lebih banyak rakyat yang bisa dipenuhi kepemilikan bantuan Perumahan layak huni.

 

Selain itu untuk menekan opini-opini kurang baik kepada para kepala kampung Maka Bupati menyarankan agar apa saja yang sudah dilakukan oleh kepala kampung di tingkat kampung atau jika ada peresmian bangunan yang dibangun oleh kepala kampung dengan dana desa harus diekspos ke media agar masyarakat bisa tau mengenai pengeloaan anggarannya.

 

“Karena saat ini opini masyarakat yang terbangun, kepala kampung memakai uang dan tidak mengaturnya dengan baik untuk itu bagi kepala kampung saya sarankan di kantor kampung itu tulis apapun permintaan bantuan dari masyarakat sertak harus mengekspos apa yang sudah dikerjakan, bukan untuk menyombongkan diri tapi memberitahukan kepada publik bahwa inilah yang telah kita kerjakan, sehingga tidak ada opini opini lain yang selalu dibangun,” Ungkapnya.

 

Sementara itu Kepala Kampung Karyendi Simon Ronsumbre mengatakan bahwa ini adalah rumah ke 3 yang telah di bangunnya menggunakan dana desa.

 

“Di anggaran tahun 2018 ada 3 unit rumah yang saya selesaikan ditambah 2 unit rumah yang di Rehab menggunakan dana desa, semoga ini bisa bermanfaat bagi masyarakat yang memang membutuhkan rumah layak huni, Terima kasih banyak untuk bapak Bupati yang telah datang meresmikan Rumah bantuan ini,” pungkasnya. (Red/rin)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.