Bantu Padamkan Kebakaran Ruko, RAPI Biak Turunkan 9 Tangki Air Untuk Penyemprotan

Lensapapua, Biak –  Saat melintas di Jalan Imam Bonjol Biak dan melihat adanya kebakaran yang terjadi di deretan Ruko Jalan Imam Bonjol Biak, salah satu anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Biak Numfor dengan cepat memanggil dan menginformasikan kepada rekan – rekan RAPI lainnya melalui media radio, Rabu (19/08/2020).

Mendapatkan informasi terkait kebakaran, Wakil Ketua Rapi Biak, Om Rimba bersama 15 rekan Rapi lainnya segera bergegas menuju TKP membantu memadamkan api dengan menurunkan tangki air untuk penyemprotan.

Pemilik Ruko dan masyarakat sekitar berusaha membantu memadamkan api, namun tidak berhasil karena si jago merah dengan cepat melahap lima ruko sekaligus. Akibat kejadian tersebut, kerugian diperkirakan sekitar 1 M.

Selang beberapa saat Water Canon Polres Biak Numfor datang dan berkat kerjasama dengan rekan Rapi Biak juga masyarakat, api yang menghanguskan lima ruko sekaligus ini berhasil di padamkan sehingga tidak menjalar ke ruko yang lain dan rumah sekitar.

Om Rimba menjelaskan bahwa, saat mendengar informasi melalu Radio dari salah satu rekan Rapi yang kebetulan melintas didepan lokasi kebakaran, maka rekan-rekan rapi yang stanby langsung bergegas menuju TKP membawa 9 tangki air dan melakukan penyemprotan.

“Informasi kejadian kami dapatkan dengan cepat melalui media radio kami, sehingga kami bisa dengan cepat juga melakukan bantuan, sekitar 15 orang rekan RAPI yang turun membantu termasuk menjaga di area kompleks Blakang Patina untuk mengantisipasi jangan sampai api menjalar ke arah perumahan padat penduduk di belakang Ruko, kurang lebih hampir satu jam api bisa dipadamkan” jelasnya.

Sementara itu Ketua Rapi Wilayah Biak, Anwar Akbar, menghimbau, bagi masyarakat untuk selalu berhati hati dan waspada dalam beraktifitas di rumah atau dimana saja agar mengtisipasi hal-hal yang berpotensi membahayakan/merugikan seperti saat ini.

“Saya harap melalui media radio RAPI ini kami bisa dengan cepat membantu apabila ada terjadi musibah seperti saat ini, Terimakasih untuk rekan-rekan Rapi yang sudah turut andil membantu musibah kebakaran yang terjadi di Ruko Iman Bonjol, seperti yang selalu saya sebut RAPI tidak kemana – mana, tapi ada dimana – mana,” pungkas Ketua Rapi yang juga merupakan Anggota DPRD Biak Numfor.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.