7 Tahun BPMK Kabupaten Sorong Tidak Peroleh Dana Otsus

Lensapapua – Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung, melalui Sekretaris Maklon Wali, dihadapan Tim Monitoring DPRD Papua Barat, mengatakan pihaknya memperoleh dana Otsus Papua tahun 2008 sebesar 242 juta lebih, ujarnya, Jum’at (10/7).

 Dana tersebut diperuntukkannya, yakni untuk penyuluhan KB,  dan kegiatan Posyandu. Hingga saat ini, kami tidak memperoleh lagi alokasi dana Otsus, kata Maklon.

 Padahal tugas kami di Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung sangat relevan dengan kegiatan yang berkaitan dengan pemberdayaan. Bahkan hingga saat ini kami hanya memperoleh anggaran dari APBN saja.

 “Namun yang menjadi masalah sekarang peruntukkan dari alokasi anggaran dari APBN tidak ada pendampingan. Kita harus bicarakan masalah ini secara transparan, sehingga jangan sampai orang asli Papua akan berurusan dengan masalah hukum,”bebernya.

 Memang ada 11 provinsi saja yang memperoleh dana pendampingan, tapi tidak disebutkan daerah atau provinsi mana saja yang memperoleh dana tersebut. Begitu pula alokasi dana Otsus Papua perlu ada dana pemantauan, karena hal ini sangat rawan, jelas Maklon.

Hal ini sambil menunggu kucuran dari dana APBN, yakni dari Kementerian Desa Pemukiman dan Transmigrasi, katanya. (rim/Red)

Exit mobile version