banner 728x250

5 Orang Eks Karyawan PT.Sinar Numfor Akan Segera Terima Pesangon

banner 120x600
banner 468x60

IMG_5775

Lensapapua–  Wakil ketua II DPRD Kabupaten Sorong, H. Rakhman mengemukakan bahwa rapat yang digelar hari ini adalah rapat kedua kalinya, membahas surat masuk dari beberapa karyawan yang di PHK oleh PT. Sinar Numfor dan perusahaan PetroChina Internasional (Bermuda)Ltd. Senin (04/5)

banner 325x300

Setelah mempelajari permasalahannya, kata Rakhman dari 132 orang karyawan yang bekerja pada perusahaan PT. Sinar Numfor, 5 orang diantaranya tidak mau menandatangani surat yang diajukan oleh pihak PetroChina untuk berpindah managemen pada PT.Elia Pratama.

Sebagai kronologisnya, pada awal tahun 2014, PT. Sinar Numfor tidak mendapatkan pekerjaan lagi dari pihak perusahaan pemberi kerja yaitu perusahaan PetroChina, maka seluruh eks karyawan tersebut akan dialihkan ke PT.Elia Pratama, namun kelima orang karyawan tersebut tidak mau menandatangani surat perjanjian kerja yang diajukan untuk pindah jika hak-hak nya tidak diselesaikan oleh PT. Sinar Numfor terlebih dahulu.

Olehnya itu kata Rahkman, sesuai dengan surat yang dikeluarkan oleh dinas tenaga kerja Kabupaten Sorong, yang merujuk pada Undang-Undang dan peraturan ketenagakerjaan yang berlaku, pada salah satu pasalnya menyebutkan, untuk diperkerjaan kembali keperusahaan yang baru dalam hal ini PT. Elia Pratama cukup diberi pesangon satu kali gaji, dan jika tidak mau melanjutkan kerja, maka pesangon diberikan dua kali gaji.

Menurut Rakhman, kelima orang karyawan tersebut masih mengharap untuk dipekerjakan kembali pada perusahaan PT. Elia Pratama, namun dari pihak managemen PetroChina sudah mengeluarkan surat untuk tidak menerima kelima orang karyawan itu, katanya.

Dengan demikian kami dari pihak dewan selaku pasilitator, tentu tidak bisa memaksa pihak PetroChina untuk menerima karyawan itu kembali, karena itu adalah kewenangan dari internal managemen PetroChina,  tetapi jika karyawan itu di PHK, maka sesuai UU ketenagakerjaan,  pihak perusahaan tersebut harus memenuhi seluruh hak-hak mereka, dan kami lihat memang hak-hak karyawan yang di PHK ini belum dipenuhi secara keseluruhan, ungkap Rakhman.

Oleh sebab itu kami dari dewan merekomendasikan agar PT. Sinar Numfor dan PetroChina bisa menyelesaikan kekurangan hak-hak kelima orang karyawan tersebut, dan perusahaan PetroChina harus patuh dan mengikuti aturan yang berlaku, dan harus segera dibayarkan apa yang menjadi hak-hak karyawan tersebut,  pungkas Rakhman. (Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.