banner 728x250

Tugu Soekarno-Hatta Penanda Sejarah Perintis Kemerdekaan Irian Barat

banner 120x600
banner 468x60

banner 325x300

Lensapapua  Tugu Soekarno-Hatta yang berdiri di kawasan Lido kampung baru, ternyata menjadi penanda bagi perjuangan pembebasan Irian Barat pada masa silam. Tugu yang selama ini menjadi buah bibir masyarakat karena tiba-tiba berdiri tegak, ternyata itu adalah hasil perjuangan dan upaya Komandan Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia (PKRI), wilayah Kota Sorong, Armen Herman Waromi. Sebagai tokoh perintis kemerdekaan Irian barat pada masa itu, Herman Waromi sapaan akrabnya, merasa harus ada penanda bagi sebuah sejarah yang dirintis bagi pembebasan Irian Barat.

Upaya yang kami lakukan, atau program pertama PKRI Kota Sorong yang baru dibentuk ini, selain memperjuangkan hak-hak perintis kemerdekaan, kami juga mengupayakan agar ada penanda bagi sejarah dirintisnya kemerdekaan Irian Barat ini. Salah satunya mendirikan tugu,sejarah tokoh kemerdekaan Indonesia, Soekarno-Hatta. Untuk sementara, tugu ini baru didirikan satu di Kota Sorong, ke depan nanti PKRI akan berusaha agar tugu ini bisa didirikan di wilayah Kabupaten lain yang ada diwilayah Provinsi Papua Barat, “ jelas Herman Waromi.

Dengan adanya penjelasan  Waromi, terkait dengan berdirinya tugu Emas Soekarno Hatta ini, diharapkan oleh tokoh perintis kemerdekaan itu, masyarakat tidak bingung lagi dengan keberadaannya. “Jadi masyarakat tidak lagi bertanya-tanya. Selama ini tidak ada penanda yang menandai pembebasan Irian Barat. Untuk itulah PKRI mengupayakan itu. Di Jayapura sudah ada tugu seperti itu, dan untuk wilayah Papua Barat belum ada, maka sementara didirikan di Kota Sorong karena sekertariat PKRI sementara ini baru berdiri di Kota Sorong, “imbuhnya.  (asa/Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.