banner 728x250

Tingkatkan Kualitas SDM Pemkab Sorong Jalin Kerjasama Dengan Berbagai Universitas

banner 120x600
banner 468x60

H.Abd.Gani Malagapi.

Lensapapua– Bupati Sorong Dr. Drs. Stepanus Malak, M,Si., pimpin rapat bersama Institut Teknologi Bandung dalam hal ini Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka pemaparan naskah akademik pendirian Politeknik Sorong Papua Barat. Kamis (23/4)

banner 325x300

Asisten II Setda Kabupaten Sorong H. Abd. Gani Malagapi, S,Sos.M,Si., mewakili Bupati usai membuka forum diskusi tersebut mengemukakan bahwa sesuai hasil satu terobosan Bupati dengan pihak ITB untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui bidang pendidikan, maka pemerintah daerah Kabupaten Sorong bersama ITB sudah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk membuka Politeknik dengan lima Program Study (Prody).

Dengan berbagai langkah yang sudah dilalui itulah, maka pada hari ini kita lakukan sosialisasi ataupun workshop penyusunan naskah akademik tersebut, yang difokuskan pada kurikulum, jelas Malagapi.

Lanjut Malagapi menjelaskan bahwa kurikulum kelima Prody yang sudah dipaparkan oleh masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, yakni rumpun Pertanian  kaitannya dengan teknologi pengelolan pangan, kemudian yang intinya dengan pihak sekolah SMK, SMK, Aliyah yang ada di Kabupaten Sorong agar dapat menyebarluaskan kurikulum yang telah disusun oleh pihak ITB.

Adapun Prody-Prody yang disampaikan pihak ITB sangat bersinergi dengan sumber daya alam didaerah ini, apalagi pemkab Sorong kedepan dengan rencananya untuk pengembangan ekonomi khusus yang saat ini sedang gencar-gencarnya dicanangkan, juga berkaitan dengan rencana pembangunan Tol Laut yang dalam bulan Juni mendatang pembangunan nya sudah mulai terealisasi, olehnya itu dari kelima Prody yang ada, salah satunya kurikulum Prody Kemaritiman, sehingga Prody-Prody yang ada ini sangat bersinergi antara pusat dan daerah, untuk mendidik anak-anak generasi muda kita kedepan, bebernya.

Menurut Malagapi lulusan SMA, SMK, Aliyah yang ada didaerah ini, dalam pengamatannya mayoritas kuliah di Universitas Muhammadiyah Sorong (UMS) Universitas Victory dan lain sebagainya, yang hanya mengambil jurusan ilmu pemerintahan dan lainnya dengan harapan bisa menjadi pegawai negeri, maka dengan adanya Politeknik ITB ini, diharapkan kedepan bisa menyerap mahasiswa-mahasiswa untuk dididik dan tidak semata-mata hanya mengharap menjadi PNS, tetapi dengan ilmu yang ada bisa mandiri dengan peluang usaha yang diciptakan sendiri.

Oleh karena itu pemerintah Kabupaten Sorong sangat berantusias sekali membangun SDM didaerah ini, dengan menghadirkan beberapa perguruan tinggi yang sangat berkualitas, seperti ITB menduduki peringkat kedua se-Indonesia selain UGM, ungkap Malagapi.

Dengan demikian, dengan adanya pengampuan dari pihak ITB, diharapkan anak-anak kita bisa terdidik dengan lebih baik lagi kedepan, sesuai harapan kita semua, pungkas Malagapi. (Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.