Sukarjo: Manfaat Luar Biasa Kami Dapatkan Berkat Program JKN-KIS

Sukarjo dan istri. Peserta JKN-KIS

Lensapapua, Biak –   Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang telah berjalan selama 5 (lima) tahun telah memberikan banyak manfaat. Manfaat dari program ini sudah dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, tidak hanya bagi bayi baru lahir namun juga bagi para pensiunan yang sudah lanjut usia.

Sukarjo (76), merupakan pensiunan Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Darat (TNI-AD) ini mengaku sangat bersyukur dengan adanya Program JKN-KIS. Ia mengatakan di hari tuanya kini Ia merasa tenang walaupun sering mengalami gangguan kesehatan yang mengharuskannya bolak-balik ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan namun berkat program JKN-KIS Ia tidak perlu lagi repot-repot untuk memikirkan soal biaya.

“Saya sudah sering mengalami sakit seperti ini sejak beberapa tahun terakhir. Awalnya saya merasakan kepala saya sakit yang berkepanjangan sehingga mengganggu aktifitas saya sehari-hari.

 

Kemudian saya dibawa oleh keluarga ke dokter prakter yang terdaftar pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) saya. Saat diperiksa oleh dokter saya diagnosa Vertigo dan harus di rujuk ke rumah sakit,” kata Sukarjo.

Saat ditemui di RSUD Biak, Selasa (26/03) Sukarjo yang sudah 3 hari di rawat inap terlihat sedang ditemani sang istri tercinta. Kedua pasangan suami istri ini terlihat sudah renta namun sangat bersemangat dan kebersamaan mereka begitu terlihat saat ditemui tim Jamkesnews. Sukarjo adalah peserta JKN-KIS yang terdaftar sebagai peserta dari segmen Bukan Pekerja (Pensiunan TNI).

“Program JKN-KIS ini bagus sekali dan memang sungguh bagus, kalau tidak ada JKN-KIS kami sebagai pensiunan akan kesulitan dengan biaya berobat. Selama 3 hari saya dirawat, saya diperlakukan dan diperhatikan dengan baik oleh dokter dan perawat yang merawat saya. Semuanya lancar dan saya terlayani dengan baik,” tutur Sukarjo.

Diakuinya pula sebagai seorang pensiun Angkatan Darat yang penghasilannya hanya datang dari gaji pensiunnya ia sangat bersyukur dengan kehadiran Program JKN-KIS ini. Ia mengungkapkan benar-benar merasakan manfaatnya.
“Saya merasa sangat terbantu apalagi di hari tua saya, saya benar-benar merasakan manfaatnya.

 

Terbukti semua biaya perawatan, mulai dari rawat inap, obat-obatan, bahkan sampai tindakan medis lainnya dijamin oleh BPJS Kesehatan. Saya menjadi tenang menjalani pengobatan karena masalah pembiayaan dan pelayanan kesehatan sudah diurus oleh Program JKN-KIS.

 

Saya berharap agar Program JKN-KIS ini dapat terus ada untuk masyarakat yang membutuhkan dan program JKN-KIS dikelola sangat penting,” kata Sukarjo.
Dengan pengalamannya mendapatkan manfaat luar biasa dari Program JKN-KIS, Sukarjo berharap akan semakin banyak masyarakat yang sadar pentingnya memiliki perlindungan kesehatan dari Program JKN-KIS ini.

“Sangat disesalkan bagi masyarakat yang belum memiliki jaminan kesehatan dan tidak mendaftarkan dirinya kedalam Program JKN-KIS. Program ini sudah terbukti sangat bermanfaat, bukan hanya untuk diri kita sendiri namun juga untuk membantu sesama yang membutuhkan pelayanan kesehatan,” tutupnya. (Red/rin)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.