STKIP Muhammadiyah Mitra Dinas P dan P Kabupaten Sorong

Lensapapua –  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sorong bermitra dengan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sorong  serta UNICEF (United Nations International Children’s Emergency Fund), dengan beberapa agenda kegiatan.

 

Agenda kegiatan dimaksud yakni program penguatan literasi kelas awal untuk daerah pinggiran dan pedalaman di 20 sekolah dasar yang ada di Distrik Segun, Klawak, Moisegen, Seget, Klamono, Klasafet, dan Makbon.

 

Demikian dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sorong Kepas Kalasuat, Selasa  (2/5) di Aimas, di sela-sela acara peringatan Hardinas, yang berlangung di halaman Kantor Bupati Sorong.

 

Selain itu, ada kegiatan kecakapan hidup sehat di 10 sekolah menengah pertama serta pengembangan anak usia dini holistik  dan integratif di 12 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), jelas Kalasuat

 

Lanjutnya, berbagai kegiatan tersebut didanai dari Pemerintah Australia, Pemerintah Denmark serta BCA Indonesia.

 

“Program literasi  baca tulis dalam kurun waktu 2015-2017 menunjukkan hasil yang sangat signifikan, di mana peningkatan kemampuan membaca siswa di kelas awal meningkat menjadi 70 persen. Termasuk kemampuan guru dalam mengajar Bahasa Indonesia juga meningkat,” tandasnya.

 

Program baca tulis dilakukan menggunakan pendekatan konsektual lokal dengan metode yang menyenangkan melalui permainan, lagu kebun huruf, kartu tokoh huruf, pojok baca, penerapan positif disiplin serta penguatan melalui pelatihan bagi guru, kepala sekolah, komite sekolahdan kepala kampung, urai Kalasuat.

 

Program pengembangan PAUD menggunakan pendekatan holistik dan integratif,  yaitu memaksimalkan berbagai peran stakeholder yang melibatkan Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, BPMK, P2KBP3, dan PKK untuk memastikan tumbuh kembang dan perlindungan anak yang optimal.

 

Dalam rangka mewujudkan visi Kabupaten Sorong yang cerdas, sehat dan sejahtera tahun 2022, dengan melalui laporan ini kami berharap kepada Bupati Sorong kiranya dapat memperluassasaranprogram, dengan memanfaatkan sumber daya yang telah tersedia, tutupnya. (rim/red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.