Sosok Bupati Stepanus Malak Dimata Tokoh Masyarakat Tehit

banner 120x600
banner 468x60

ADRIANUS MAGA, Ketua suku Tehit perwakilan Kabupaten Sorong.

Lensapapua-  Bupati Sorong, Dr. Drs. Stepanus Malak, M,Si., dimata Adrianus Maga ketua suku Tehit sekaligus tokoh masyarakat, adalah sosok seorang pigur terbaik putra Moi, kader sekaligus bapak pembangunan masa depan bangsa, ujar Adrianus dalam bincang-bincangnya dengan media ini, Sabtu (21/11)

banner 325x300

Dr. Drs. Stepanus Malak, M,Si., adalah seorang  sosok yang Visioner, sehingga semasih menjabat di Bappeda, bahkan sempat menjadi wakil bupati Sorong mendampingi Dr. Jhon Piet Wanane, SH,M,Si., yang kala itu duduk sebagai bupati Sorong periode 2002-2007.

Malak sapaan akrabnya pun telah merancang konsep dan berbagai strategi jauh kedepan, bagaimana caranya untuk memajukan Kabupaten Sorong yang nota bene adalah juga tanah kelahirannya, untuk  bisa berkembang meningkat serta dapat bersaing dikancah internasional.

Pada tahun 2005-2006 Malak pun bekerja keras, berbagai trik, diplomasi, negoisasi dilakukan untuk merangkul berbagai stakeholder dan seluruh elemen masyarakat untuk menyatukan pendapat agar pemimpin daerah Kabupaten Sorong jatuh kepada tangan putra terbaik Moi, sehingga kerja keras yang telah dilakukannya membuahkan hasil, dan pada tahun 2007 Malak pun resmi memegang tampuk pimpinan sebagai Bupati Sorong periode 2007-2012.

Selama masa kepemimpinannya pada periode pertama, Malak tetap bekerja keras, Ia membuktikan janjinya untuk membangun daerahnya dari berbagai bidang, baik itu bidang pembangunan infrastruktur jalan, kesehatan, pendidikan, pembangunan sumber daya manusia serta bidang-bidang lainnya. Sehingga seluruh masyarakat simpati serta percaya akan komitmennya.

Atas seluruh kerja keras yang dilakukan Malak, masyarakat pun kembali mempercayai dirinya memegang tongkat estafet memimpin Kabupaten Sorong untuk kedua kalinya yakni periode 2012-2017 saat ini, kualitas  Malak kembali diuji, sehingga pada periode kedua masa kepemimpinannya,  Malak benar-benar berjuang dan lebih bekerja keras dengan seluruh jajarannya serta dukungan dari seluruh masyarakat untuk meningkatkan pembangunan didaerah ini.

Untuk meningkatkan SDM dari sektor pendidikan, sepakterjang Malak sudah tidak diragukan lagi, Ia memberikan berbagai kemudahan kepada seluruh sekolah, baik itu dari tingkat SD, SMP maupun SLTA untuk tidak melakukan pungutan apapun (alias gratis-red) bahkan kepada mahasiswa-mahasiswi yang berkualitas, Malak pun memberikan beasiswa, terlebih lagi kepada mahasiswa fakultas Kedokteran Unipa yang telah bekerjasama dengan Universitas Indonesia (UI), Malak menyiapkan anggaran 1 Milyar/orang hingga lulus Strata 1 (S1). Kesemuanya ini dilakukan Malak demi peningkatan kualitas SDM dan mutu  pendidikan didaerah ini.

Kemudian Malak juga melakukan negoisasi serta kerjasama (MoU) keberbagai lembaga pendidikan tinggi seperti UI, ITB dan UNIPA Manokwari untuk membangun fakultas didaerah ini, kesemuanya ini dilakukan Malak semata-mata untuk meningkatkan SDM generasi muda, dan juga agar generasi muda ini tidak perlu jauh-jauh menempuh pendidikan keluar dari daerah Sorong, beber Adrianus.

Dari sektor pembangunan, kata Adrianus kita sudah bisa melihat dengan nyata, diseluruh wilayah Kabupaten Sorong yang juga sebagai Kabupaten tertua yang telah melahirkan beberapa daerah pemekaran, Malak telah membuka akses jalan, agar seluruh masyarakat dapat melakukan aktivitas dengan lancar, bahkan Malak pun telah berhasil menghadirkan  berbagai investor untuk menanamkan sahamnya didaerah ini.

Dengan kehadiran para investor ini, secara tidak langsung dapat membuat pembangunan didaerah ini berkembang lebih pesat, seperti didaerah Arar telah dipatenkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)  Katapop sebagai wilayah Minapolitan dan wilayah Seget sebagai pelabuhan internasional, ditambah lagi beberapa perkebunan Kelapa Sawit, dengan demikian kesemuanya ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat  baik dari sisi perekonomian, penyerapan tenaga kerja dan lain sebagainya, ungkap Adrianus.

Sebagai anak negeri yang rendah hati, dan lebih mengutamakan kepentingan masyarakat, Malak tidak kalah semangat dan tidak kalah trik dari anak-anak pintar negeri lainnya, Ia menerima, menghimpun semua suku bangsa yang ada didaerah ini, dengan berbagai perbedaan suku, ras dan agama, Ia mengajak seluruh masyarakat untuk membangun Kabupaten Sorong kearah yang lebih maju, dengan lebih mengutamakan kondisi yang aman, nyaman, tertib dan damai, sehingga hasil pembangunan dapat dinikmati seluruh masyarakat yang ada didaerah ini.

Oleh sebab itu, sebagai tokoh masyarakat saya menghimbau, agar seluruh masyarakat yang ada didaerah ini, untuk bisa mendukung, menerima, memahami pembangunan yang saat ini sedang berlangsung, jangan mengadakan pemalangan-pemalangan jalan, jangan membuat aksi-aksi demo yang dapat mengganggu stabilitas keamanan, mari kita semua menyadari bahwa pembangunan yang ada ini semata-mata untuk kepentingan kita semua masyarakat yang ada atau bagi siapapun yang akan datang kedaerah ini, harap Adrianus. Red

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.